Sunrise gunung bromo, jawa timur

Menurut saya Gunung Bromo adalah suatu tempat yang sangat istimewa yang terletak di Kabupaten Probolinggo dan membuat saya penasaran untuk pergi kesana, kata orang-orang pemandangannya sangat bagus apalagi saat melihat sunrise. Rasa penasaran tersebut akhirnya terobati di saat liburan idul adha kemarin setelah berunding dengan teman-teman akhirnya kami memutuskan untuk pergi kesana, dari banyak orang yang tertarik untuk ikut akhirnya yang bisa berangkat hanya 9 orang  dengan 5 sepeda motor meskipun begitu tidak menyurutkan niat saya untuk bias pergi kesana. Dari 5 sepeda motor di antaranya 2 mega pro, vario, dan Honda beat, saya cukup menggunakan supra tahun 2000. Meskipun sebelum berangkat ada yang bilang “ yakin ta mau di pakai naik? “ tapi dengan berbekal keyakinan akhirnya langsung tancap gas. Kami berangkat dari Surabaya berkumpul di pom bensin Aloha pukul 20.00 WIB setelah menempuh perjalanan saya dengan satu teman saya terpisah di antara pertigaan jalan raya tongas, yang akhirnya saya melewati probolinggo kota sedangkan ke tiga teman saya melewati trek jalan raya tongas, hingga sampai di pom bensin terakhir pukul 23.30 WIB, setelah menunggu teman-teman yang lain dan mengisi penuh bensin, tepat pukul 00.00 WIB kami mulai naik, hingga sampai di parkiran pertama pukul 01.00 dan karena portal masih di tutup kami menyempatkan untuk bersantap ria dengan bakso bromo dan kopi panas, pukul 02.00 portal di buka kami mulai berangkat naik ke atas hingga sampai di lautan pasir yang harus kami lewati, di sinilah tantangan tersulitnya karena harus berjuang melewati pasir, keseimbangan, kecepatan harus tetap dijaga jika tidak pasti akan terjatuh, dan kalau sepeda motor tidak bisa jalan pastinya harus turun. Setelah melewati padang pasir masih ada satu tanjakan lagi yang sangat curam, sebelumnya saya tidak membayangkan bagaimana curamnya setelah beranjak naik dari awal menggunakan gigi 1 pun berjalan sangat pelan, 1 teman saya yang menggunakan beat pun tidak kuat melewati tanjakan ini dan harus turun salah satu. Setelah sampai di parkiran, kami berjalan naik kurang lebih 15 menit hingga sampai puncak. Karena waktu masih menunjukkan pukul 04.15 akhirnya kami menunggu hingga matahari muncul dari persembunyiannya. Akhirnya tercapai juga keinginan untuk bisa ke gunung bromo dan menikmati sunrise. Setelah puas berfoto-foto akhirnya kami turun dan harus melewati lautan pasir di saat matahari tepat di atas kepala, hingga perjalanan pulang kami sempatkan untuk mampir di air terjun madakaripura. Air Terjun Madakaripura menurut saya juga layak untuk di kunjungi meskipun harus berjalan kurang lebih 1 jam dari parkiran tetapi di dalamnya terdapat keindahan alam yang sangat menakjubkan. Setelah puas melihat air terjun akhirnya perjalanan kami lanjutkan untuk kembali ke habitat masing-masing hingga tepat pukul 17.00 saya sampai di Surabaya.

Sunrise

Dorong terus
Pemandangan yang sangat indah

Rute perjalanan ke Bromo

Itulah sekilas pengalaman kali ini touring sampai ke gunung bromo, nantikan artikel menarik selanjutnya. :)