Kesejukan di hamparan pohon teh di Kebun Teh Jamus, Ngawi, Jawa Timur

Pemandangan dari atas
Dalam kesempatan kali ini saya akan mengajak Anda untuk menyusuri pesisir barat dari Kabupaten Ngawi. Kebetulan saya juga pas berlibur di rumah teman saya jadi saya gunakan kesempatan kali ini untuk blakrak'an mencari tempat wisata. Menurut saya di wilayah Ngawi sebelah barat yang berada di lereng Gunung Lawu ini  menyimpan segudang keindahan pesona alam yang sayang untuk diabaikan.


Salah satu pesona wisata kabupaten Ngawi yang diminati dan dijadikan obyek wisata keluarga dan masa liburan, salah satunya adalah Kebun Teh Jamus. Perkebunan ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di desa Girikerto, Kecamatan Sine. Selain tempatnya berhawa sejuk, di lokasi ini juga terdapat beberapa tempat unik dan bersejarah. Lokasinya yang terletak dilerang gunung, mata pengunjung akan dimanjakan oleh indahnya alam sekelilingnya. Di lokasi ini juga terdapat sumber mata air yang dinamakan Sumber Lanang, yang menurut masyarakat sekitar dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. Sebelum memasuki kawasan perkebunan jamus, para pengunjung akan banyak ditemui lahan yang hijau dan pohon-pohon yang besar serta rindang.


Perkebunan Teh Jamus adalah merupakan agrowisata yang berwawasan lingkungan hidup,  sudah dimulai pada sejak tahun 1993. Dan meraih penghargaan tingkat nasional nominasi Kalpataru tahun 2004 kategori Pembina Lingkungan Hidup pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 05 Juni 2004 di Istana Negara Jakarta. 
Sebagai daya tarik lainnya, di sekitar obyek wisata ini terdapat beberapa tempat menarik diantaranya Air Terjun Grojogan Songo Tuk Pakel, Makam tua pendiri Kebun Teh Jamus Van Der Rappart asal Belanda, Borobudor Hill yang berupa bukit setinggi 35,4 meter.
Pemandangan dari atas bukit
Perkebunan Teh Jamus dikelola oleh PT Candi Loka, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang  pengelolaan perkebunan teh dan produksi air mineral. Ada beberapa spot menarik di kawasan Kebuh Teh Jamus, beberapa diantaranya adalah kawasan perkebunan itu sendiri yang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan mata, kolam renang anak, pabrik teh, terdapat pula Sumber Lanang, Goa Jepang, Jamus Borobudur Hill dan bumi perkemahan.
Tempat wisata Jamus terletak di Desa Girikerto Kecamatan Sine, atau sekitar 40 KM arah barat daya Kota Ngawi. Dari arah Kota Ngawi Anda bisa mengambil angkutan dengan rute Ngawi-Ngrambe. Setelah sampai di Pasar Ngrambe. Anda akan menemukan penunjuk arah menuju ke Kebun Teh jamus.
Pemerintah Ngawi sepertinya mulai serius menggarap aset berharga ini. Banyak sekali pembenahan yang dilakukan dari tahun ke tahun, mulai dari pembenahan jalan akses menuju kebun teh, wahana  Flying Fox, kamar mandi, tempat parkir dan lain sebagainya. Salah satu hal yang terlihat sangat mencolok dari kawasan Kebun Teh Jamus adalah tidak adanya hotel yang berdiri di kawasan ini. Hal ini sengaja dibiarkan untuk mempertahankan konsep wisata alam yang asri. Namun tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin menginap di kawasan kebuh teh ini Anda masih bisa menyewa rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar perkebunan Teh jamus. Tarifnya sudah pasti jauh lebih murah dibandingkan biaya menginap di hotel
Mejeng dulu di antara pohon teh





My prend

Foto nie pernah d commenin orang luar d fb katanya seperti orang cina lg naik batu... wkwkwkwk 

Cocok bwt refresing


.

Comments