Menyusuri Bangunan Gereja Ayam di Bukit Rhema

Ada sebuah bangunan unik yang berada di Bukit Rhema Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Bangunan ini dikenal sebagai Gereja Ayam atau Chicken Church, menurut istilah Bahasa Jawa juga dikenal sebagai Banyak Angkrem. Lokasi bangunan ini tak jauh dari Candi Borobudur hanya sekitar 3 Km dari pasar borobudur.

Gereja Ayam sering menimbulkan keingintahuan orang karena bentuk yang unik dan lokasinya yang berada di puncak bukit, di tengah-tengah desa. Konon menurut pendirinya, Daniel Alamsjah, bangunan ini bukanlah gereja, melainkan hanya tempat untuk berdoa bagi siapa pun. Awalnya juga tidak dimaksudkan berbentuk ayam raksasa, melainkan merpati.

Bangunan berbentuk ayam ini mulai dibangun pada tahun 1990 tetapi kemudian dihentikan pada tahun 2000. Setelah itu bangunan ini terbengkalai dan lambat laun menjadi tak terurus. Setelah beberapa tahun tak ada yang mengetahui keberadaan bangunan ini kecuali penduduk sekitar, beberapa orang kemudian “menemukan” kembali bangunan ini dan mengunggahnya di media sosial tanpa keterangan yang memadai sebab memang saat itu fungsi bangunan ini tak diketahui.

Lambat laun bangunan ini menimbulkan spekulasi dan akhirnya menjadi semacam misteri untuk dipecahkan. Bangunan ayam ini terdiri dari dua lantai. Lantai dasar terdiri dari beberapa ruangan kecil sedang lantai di atasnya digunakan sebagai tempat berdoa. Karena terbengkalai, bangunan ini sedikit tidak terawat dan hanya dijadikan tempat wisata bagi para wisatawan.

Saya pun termasuk orang yang penasaran dengan bangunan tersebut dan sewaktu liburan kemarin saya menyempatkan diri untuk mencoba menjelajah bangunan tersebut, sampai di bangunan tersebut ternyata sudah mulai di renovasi kembali oleh pemiliknya, sehingga pastinya lambat laun semakin ramai orang yang mengunjungi maka pasti akan dikenakan biaya, dan untuk bisa naik ke puncak bangunan dikenakan biaya 5000 rupiah serta parkir sebesar 3000 rupiah.

Berikut suasana terbaru bentuk bangunan setelah di renovasi dan dibersihkan.

Badan bangunan

Mulut bangunan

view dari mulut ayam.. :D



Nemu tangga jd bisa poto2 di atas badan bangunan


Suasana dalam bangunan


Biaya 5000 untuk bisa naik ke atas dan untuk sumbangan ke panti rehabilitasi



Ruangan bawah tanah

Pintu menuju ruangan bawah tanah yg ppenuh dengan coretan


Puncak tertinggi bangunan gereja ayam.

Berikut cuplikan videonya..


Comments