Air Terjun Coban Rondo dan Wisata Labirin

Sebelum ke air terjun coban rondo, saya menyempatkan diri untuk mampir ke wahana yang telah disediakan di kawasan coban rondo ini, salah satunya adalah Kawasan Labirin. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000, kamu sudah bisa menjajal serunya berpetualang di dalam taman labirin. Banyak juga anak muda yang datang ke sini bersama pasangan atau teman-teman. Misinya adalah mencapai titik pusat labirin yang ditandai kolam air mancur kecil ya walaupun tak sedikit juga yang curang, meminta petunjuk teman yang memantau dari menara untuk menemukan pusat labirin. hehehehe Setelah puas bermain dan foto-foto disini saya pun melanjutkan perjalanan ke air terjun coban rondo yang terletak sekitar 2 Km dari wahana wisata labirin.




Coban Rondo adalah sebuah air terjun yang berada di Pujon, Malang. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 84 meter. Banyak cerita tentang air terjun ini mungkin bisa mencarinya sendiri di google uniknya di air terjun ini kamu akan menemui banyak monyet berkeliaran, jadi berhati-hatilah jika membawa barang bawaan jangan sampai di rebut oleh monyet-monyetnya.


Perjalanan menuju air terjun ini terbilang mudah. Bisa ditempuh dengan perjalanan dengan kendaraan pribadi selama 1 jam dari kota Malang ke daerah Pujon. Kamu juga bisa menumpang bus Malang-Kediri yang berangkat dari Terminal Landungsari kemudian turun di pertigaan Pujon yang ditandai patung sapi berukuran besar.

Dari patung sapi, kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 km untuk sampai ke air terjun. Tentunya perjalanan ini tidak masalah bagi yang membawa kendaraan pribadi. Tetapi bagi wisatawan yang memanfaatkan kendaraan umum ada deretan tukang ojek di pinggir pertigaan yang siap menawarkan jasa.



Kalau kamu lebih suka berjalan kaki pun tak masalah. Sebab jalan menuju air terjun sudah teraspal. Pemandangan sekitar juga indah dipandang, dengan tumbuh-tumbuhan hijau dan tebing di sekelilingnya. Tak perlu khawatir kepanasan, sebab udara di sini terbilang sejuk.

Di pintu masuk, calon wisatawan bakal dikenakan tarif masuk sebesar Rp 18.000. Jumlah ini belum termasuk wahana permainan yang ada di dalam kawasan coban.

Akomodasi di kawasan coban

Begitu sampai di pintu gerbang, kamu akan disambut dengan deretan warung yang berdiri di kaki tebing. Di sini, pengunjung yang membawa sepeda motor untuk biaya parkir gratis tetapi dengan syarat helm harus dititipkan dengan biaya Rp. 2000. Sementara tarif parkir mobil ditetapkan sebesar Rp 5.000.

Begitu masuk ke kawasan air terjun, terasa kebersihannya yang cukup terjaga. Ini disebabkan karena pihak pengelola menempatkan banyak tempat sampah. Di dalam masih ada deretan kios yang menjajakan gorengan hangat dan oleh-oleh khas kota Batu. Ada pula wahana flying fox dan fun tubing yang cocok buat anak-anak.










Comments

  1. Dulu saya pernah solo traveling ke Coban Rondo gak sempet ke labirinnya padahal bagus dan masih belum banyak objek wisata seperti sekarang ini yang lebih lengkap, tentunya menarik minat para pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Jalanannya juga bagus, tiket pun murah, dan fasilitas cukup lengkap seperti kamar mandi, mushola, cafe, warung, dan parkiran juga luas serta cukup sekali untuk bus besar. Untuk mengenang itu semua juga saya tuliskan di artikel saya The Beauty of Coban Rondo Waterfall Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment