Membuat Foto 360º Sendiri Menggunakan Google Street View

Foto dan video 360 derajat ini menjadi populer setelah dikenalkan perangkat virtual reality yang dimulai oleh Google Cardboard. Sebelumnya kamu belum dapat membagikannya di media sosial, dan akhirnya Facebook memperkenalkan fitur keren untuk berbagi foto dan video 360 derajat yang diberi nama Facebook 360.

Fitur berbagi foto 360 derajat milik Facebook ini dapat langsung dibagikan di Feed Facebook Kamu dan langsung dapat dilihat oleh teman-teman Facebook Anda yang perangkatnya sudah mendukung sensor Gyroscope.

Kamu dapat membedakan antara foto 360 derajat dengan foto biasa dari ikon kompas yang ada di foto atau video tersebut.Kamu dapat menikmati foto atau video 360 derajat ini dengan menggerakan perangkat ke kanan atau ke kiri, bisa juga ke atas atau ke bawah.

Nah bagaimana sih buat foto 360º (Photo Spheres) dengan smartphone kamu, Berikut penjelasannya:

PENTING: Smartphone harus mendukung sensor GYROSCOPE

1. Untuk membuat foto 360º ini gunakan smartphone android atau iphone kamu, kemudian download aplikasinya di Google Store atau App Store

Dapatkan di Google Store  |  Dapatkan di App Store

2. Setelah aplikasi terpasang kemudian buka Aplikasi Street Viewnya.

1

2


3. Di Aplikasi ini anda akan menemukan berbagai tempat diseluruh dunia yang sudah ter-capture foto 360º (Photo Spheres) yang tersimpan di Google Maps

4. Untuk membuat sendiri Foto 360º  (Photo Spheres) Google Street View Sendiri, Klik tombol + / icon Camera(untuk android) pada sisi Kanan Bawah kemudian pilih Camera.

3

4

5.  Arahkan Kamera ke objek tempat anda berdiri, Pada tampilan ada gambar bulat dan ditengahnya ada bulatan orange. arahkan sesuai arah bulatan.

5


6. Setelah tertangkap foto bagian tengah, arahkan kamera kebagian yang masih abu-abu atau yang belum tertangkap fotonya. Arahkan kembali kamera sesuai dengan bulatan.

6

7


7. Lalu gambar yang sudah semua ter-capture oleh Aplikasi, pada bagian tengah bawah akan berwarna hijau, kemudian akan diproses oleh aplikasi menjadi foto utuh   360º  (Photo Spheres) Google Street View.

8


8.Aplikasi Street View ini bisa menyimpan foto  360º  (Photo Spheres) anda di Google Maps sehingga orang lain bisa mengaksesnya. Jadi apabila tidak ingin ter-publish lebih baik jangan di masukan ke Google Maps.

9


Untuk foto yang sudah jadi nanti akan tersimpan di galeri smartphone dengan folder Panorama, dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:

10

Review Aplikasi Google Street View:


  • Aplikasi sudah sangat gampang digunakan jadi pengguna tidak sulit menggunakannya.
  • Pengambilan Gambar harus pelan-pelan agar gambar yang terbentuk sesuai dengan urutannya
  • Untuk pengambilan yang maksimal gunakan Smartphone dengan kamera yang baik.
  • Aplikasi ini gratis bisa di download tanpa biaya.
  • Dengan bisa membuat Membuat Foto 360º  (Photo Spheres) Google Street View Sendiri kita bisa menyimpan foto atau gambar tempat yang kita ingin abadikan, sehingga bisa kita lihat kembali dengan Foto 360º  (Photo Spheres).
  • Berbeda dengan foto biasa, karena foto Foto 360º  (Photo Spheres) ini bisa melihat sekeliling tempat yang kita capture dengan bebas tanpa harus dari satu sisi saja. (orakarik.com)

Gambar setelah di pasang di google maps:




Cara upload ke facebook:

1. Pindahkan file gambar panorama 360 yang sudah jadi ke komputer melalui kabel data.
2. Upload foto seperti biasa ke Grup Indonesia 360 Derajat di facebook
3. Untuk aplikasi facebook belum support photo 360 derajat jadi upload foto melalui komputer.

Comments