Buah Lai atau Pampakin si Kerabat Durian Khas Kalimantan

Buah Lai atau Pampakin ini dari luar persis buah durian, bentuknya relatif bulat agak lonjong sedikit, tidak seperti durian yang kadang bengkok sana sini. Buah Lai berwarna hijau, ada pula yang kecoklatan dan ada yang agak kekuningan. Dia juga berduri seperti durian. Buah juga memiliki juring (kamar) sebanyak 5 dan batas antar kamar ini ada semacam celah seperti pada durian, sehingga jika buah sudah masak, kamar-kamar bisa dibuka satu persatu dan nampak daging buahnya yang bersembunyi di sana. Persis sama dengan durian.

Buah ini selain Lai, juga punya banayk sebutan : pampakin, pekawai, durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis (kutejensis = berasal dari Kutei).

Dari namanya, buah ini asli Indonesia, asli Kalimantan. Tetapi kadang orang menjualnya dengan mengatakan Lai Bangkok, sungguh tidak mengenakkan, Yakinlah, bahwa buah ini memang asli Indonesia, kalau ketemu yang demikian, berilah penjelasan kepada penjualnya, ini buah asli Kalimantan. Saya pernah ke sana dan memakan buah ini.

Pohon Lai tingginya 20-25 meter, sama dengan durian. Hanya daunnya lebih besar, lebih panjang, lebih lebar dan lebih tebal. Buahnya agak kecil, beratnya 1-2 kilogram saja kalau sudah matang. Warna kulit buahnya hijau, hijau kekuningan atau kuning seperti emas.







Lalu apa bedanya dengan durian? Daging buah Lai ini warnanya kuning agak orange, orange, atau orange agak kemerahan. Buahnya tidak mempunyai aroma yang menyengat seperti durian. Dia tidak beraroma sama sekali, atau ada yang beraroma sedikit dan ada pula yang agak wangi seperti bunga mawar. Dengan demikian, bisa ditaruh di atas meja makan, tanpa takut ada yang pusing karena baunya yang menyengat. Selain itu buah Lai ini juga relatif lebih tahan lama dibanding durian, tidak cepat membusuk.

Tekstur daging buahnya tidak seperti buah durian yang lembek seperti ‘jeli’, buah Lai buahnya ‘renyah’, kalau dimakan ‘kres – kres’ mirip nangka. Rasa buahnya antara nangka dan durian, sangat enak. Buah ini juga aman kalau dikonsumsi banyak-banyak, tidak seperti durian yang bisa memabukkan atau seperti nangka yang tidak semua orang suka baunya. Luar biasa bukan ?

Comments