Festival Pasar Terapung Lokbaintan 2018

photo by idblogpacker
Pagelaran Festival Budaya Pasar Terapung Lok Baintan 2018 di Sungai Martapura Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Minggu 2 Desember 2018. Festival ini mampu memikiat ribuan orang yang datang ke lokasi, baik wisatawan lokal maupun asing.

Sejak pukul 04.00 Wita, aktifitas para pedagang sudah mulai merapat di lokasi acara yang digelar di dermaga bawah jembatan Desak Lok Baintan, Martapura. Ratusan jukung, termasuk puluhan di antaranya yang dilengkapi dengan hiasan tanglong nampak indah berderet di pinggir dermaga. Riak sungai martapura yang tak ubahnya membuat jukung-jukung dengan muatan barang dagangan yang diterangi tanglong dan obor kecil itu nampak begitu ritmis.

Dan semakin lama, semakin banyak saja jukung pedagang yang merapat memenuhi hampir separuh badan sungai. Belum lagi ditambah puluhan perahi kelotok dengan ukuran lebih besar yang menambah kemeriahan suasana subuh itu.

Sementara itu, di pinggir dermaga ratusan fotografer—baik profesional maupun amatir, telah siap dengan peralatan mereka untuk mengabadikan peristiwa tersebut. Kali ini, panitia memang sekaligus menggelar lomba fotografi dengan tema pasar terapung. Pesertanya pun tak hanya dari dalam negeri, tapi juga diikuti fotografer luar negeri seperti dari Malaysia dan Vietnam.



Ada lebih dari 500 jukung yang memeriahkan Festival Budaya Pasar Terapung Lok Baintan ini. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar M. Haris Rifani. Mereka tak hanya datang untuk berjualan, tapi juga mengikuti berbagai lomba yang digelar pada momentum festival pasar terapung terbesar ini. Mulai dari lomba formasi jukung, tangklong, hingga jukung hias.








Comments