Pesona candi borobudur dengan suasana baru

Narsis sedikit, sambil nahan panas.
Siapa yang tak kenal sebuah candi di indonesia yang pernah masuk ke dalam lubang 7 keajaiban dunia? Ya candi borobudur letaknya tak jauh dari kota magelang, masih lebih dekat ke rumah kalau mau kerumah saya. Kalau dihitung mulai kecil gatau ya sudah berapa kali saya maen ke candi borobudur meskipun sudah jadi orang kota alias sekolah di kota masih saja setiap ada study tour selalu mendapat bagian kunjungan ke candi borobudur. Namanya juga asli desa tempat wisata terdekat yang pernah di kunjungi hanyalah candi borobudur, kalau parang tritis atau malioboro mungkin masih di bawah 5 kali saya mampir di sana. Kalau lihat dari gambar nasis itu, itu mungkin sekitar kelas 4 atau 5 SD ga tau juga karena q jg lupa... ( maklum semakin dewasa malah semakin pikun, kebanyakan mikir utang...:) Kalau dilihat dari sejarahnya memang beragam yang sudah menuliskannya ke dalam sebuah buku namun suatu perkiraan dapat di peroleh dengan tulisan singkat yang di pahatkan di atas pigura relief kaki asli Candi Borobudur ( Karwa Wibhangga )
menunjukan huruf sejenis dengan yang di dapatkan dari prasati di akhir abad ke – 8 sampai awal abad ke – 9 dari bukti – bukti tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur di dirikan sekitar tahun 800 M. Kalau bicara sejarah saya nyerah karena memang masuk dalam daftar pelajaran yang paling tidak saya sukai alias saya benci tapi jika ingin melihat sejarah candi borobudur di bawah ini saya comotkan dari blog tetangga.

Gmn sudah dibaca semuanya, ya lumayan untuk nambah-nambah pengetahuan, sebenarnya saya pun malas untuk membaca semuanya. Tapi karena saya cinta budaya jadi saya sertakan juga keterangannya...hehehehe 
Alias kopi susu... :)
Black and White :)
Belum lama ini saya maen ke candi borobudur ternyata sudah ada peraturan baru yaitu harus memakai kain atau sarung, kenapa?? karena banyak pengunjung yang menggunakan celana pendek, rok mini, dan sebagainya terutama para turis-turis asing, jadi untuk menghormati warisan budaya kita diharuskan untuk menjaga kesopanan dalam berpakaian salah satunya dengan menggunakan sarung tersebut, pada saat kita masuk ke area candi borobudur disana sudah ada tempat untuk mengambil sarung tersebut dan setelah kita pulang kita juga melewati tempat yang digunakan untuk mengembalikan sarung tersebut, jadi jangan dibawa pulang....hehehehehe
Bagi saya candi borobudur itu The most beautiful temple in java ( Bener ga tu artinya...hehehehe ) dari stuktur bangunan, mulai dari bawah sampai atas, relief, ukiran, penataan batu, dan sebagainya jika dibayangkan orang sekarang membuat candi yang semegah itu pasti harus membutuhkan alat canggih dan mungkin menghabiskan dana milyaran rupiah, ini dibuat pada jaman dulu dengan alat-alat yang sederhana dan mungkin kurang masuk akal dengan hasil yang seperti sekarang ini sampai ukiran-ukiran yang paling detail. Sebenarnya bukan hanya candi borobudur saja tetapi masih banyak candi-candi seperti itu di indonesia ini jadi kita harus bangga dengan bangsa ini yang kaya akan nilai-nilai sejarah. Itulah sedikit cerita mengenai candi borobudur yang memang boleh di acungi jempol akan kemegahannya. 
Siapa nie yang belum pernah kesana? Silahkan angkat kaki...hehehehehe :)

Comments