Gunung Kapur Jeddih, Bangkalan, Madura

Gunung Jaddih merupakan tempat wisata yang relatif baru di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, yang ditemukan oleh warga empat desa di Kecamatan Socah, yaitu Desa Jaddih Timur, Parseh, Sanggra Agung, dan Rabasan.

Gunung Jaddih berada sekitar 20 kilometer dari Pantai Rongkang di Kecamatan Kwanyar, 60 kilometer dari wisata religi Bukit Geger di Kecamatan Geger, dan 15 kilometer dari mencusuar peninggalan Belanda di Desa Sembilangan, Kecamatan Kota Bangkalan.

Kita juga bisa naik ke puncak Gunung Jaddih dengan naik sepeda motor. Dari puncak gunung ini, seluruh Kota Bangkalan dan Jembatan Suramadu dapat terlihat dengan jelas.

Gunung Jaddih bukan gunung berapi namun hanya berupa gundukan batu kapur besar seluas sekitar 500 hektare yang mencakup tiga desa, yaitu Jaddih, Rabasan, dan Parseh. Sebagian besar warga setempat mencari nafkah di gunung ini, mengolah batu kapur dengan cara dibakar menjadi serbuk kapur untuk bahan campuran semen, atau menjual batu kapur menjadi batu bata atau batu fondasi rumah.













Comments