Pesta pantai MAPPANRETASI 2016


Pantai Pagatan, adalah salah satu pantai yang ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Pagatan, Tanah Bumbu. Pantai ini dikenal masyarakat terutama karena festival Pesta Pantai atau Pesta Laut yang dikenal dengan Mappanretasi diselenggarakan di tempat ini setiap tahun di bulan April dan pada tahun ini acara akan berlangsung mulai tanggal 08 April 2016 - 24 April 2016 .

Pantai ini berjarak kurang lebih 300 km dari ibukota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin . Keindahan pantainya dapat terlihat langsung apabila pengunjung bepergian menuju Batulicin atau Kotabaru , karena pantai ini terletak di samping jalan utama trans-Kalimantan.

Acara yang dilaksanakan biasanya banyak hal ini dilakukan masyarakat Pagatan bertujuan untuk bersyukur Kepada Tuhan atas hasil Nelayan yang melimpah.

Malam puncak sangatlah ramai dikarenakan kedatangan artis-artis papanatas dari ibu kota dan Insyaallah tahun ini akan dimeriahkan SEVENTEEN | GEISHA | CITA CITATA | JAMRUD | USTAD MAULANA dan lain-lain dan bermacam-macam permainan ada disana.. banyak juga susunan acaranya ada Expo Tanah Bumbu, Beach Musik Concert, Screen Projection, Culture Festival, Festival Layang Layang, Pesta Laut, Beach Food, Beach FashionShow, Festival Lampion, Perahu Hias, Kembang Api, Festival Komunitas, dan Adventure Trail. Pastinya malam penutupan Pesta pantai tahun ini akan sangat meriah.

Mappanretasi sendiri adalah sebuah upacara adat Suku Bugis di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Mappanretasi sering di sebut juga dengan pesta pantai. Mappanretasi berasal dari bahasa bugis yang terdiri dari dua kata yaitu mappanre dan tasi. Mappanre artinya memberi makan sedangkan tasi artinya laut.

Jadi, mappanretasi artinya memberi makan laut. Upacara ini dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat setempat setiap tahunnya. Mappanretasi dilaksanakan selama tiga minggu dibulan april. Pada acara puncaknya akan dimeriahkan oleh kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ke tengah laut. Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan setiap sore dan malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam.
Agenda wisata tahunan ini bertujuan untuk member makan laut sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah.

Di bawah ini adalah agenda untuk festival mappanretasi 2016 di pantai pagatan


Pastinya dalam menyambut acara ini lebih meriah lagi kalau datang kesana menikmati suasananya pada malam hari, karena akan ada banyak kegiatan dan banyak juga stand-stand yang akan memanjakan teman-teman saat berada disana.














Comments