Festival Pesona Budaya Borneo 2

Sebuah kesempatan yang luar biasa bisa ikut meramaikan acara Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang tahun ini dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Festival ini dilaksanakan pada hari Sabtu 11 Agustus 2018 sampai dengan 15 Agustus 2018. Hajatan pesta budaya Kalimantan yang tahun ini memasuki tahun ke-2 ini, merupakan ajang silaturahmi budaya Kalimantan terlengkap yang menjadi hajat dari  Dewan Adat Dayak Nasional bekerjasama dengan lima pemerintahan daerah di Pulau Kalimantan,  yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.



Festival Pesona Budaya Borneo 2 di Kota Banjarmasin ini merupakan sequel atau kelanjutan dari Festival Pesona Budaya Borneo yang diselenggarakan di TMII pada tanggal 28-30 Juli 2017 yang lalu. Jika tema pada hajatan edisi pertama masih terkesan global, yaitu "Dengan Budaya Kita Bangun Masyarakat Untuk Lebih Sejahtera dalam Bingkai NKRI" maka untuk edisi ke-2 kali ini, tema yang diusung jauh lebih lugas, detail dan eksplisit, yaitu  "Dengan Budaya dan Pariwisata. Kita Bergerak untuk Membangun Kalimantan Agar Lebih Sejahtera".


Di festival ini  menampilkan pagelaran seni dan budaya khas suku Dayak, seperti sajian tari-tarian, sumpit, seni pahat, seni lukis, workshop melukis dan mengukir talawang/tameng khas Dayak,  art carnaval, lomba permainan tradisonal seperti Balogo dan Batungkau (egrang) khas Banjar   dan banyak lagi yang lainnya.

Gelaran yang juga di hadiri oleh perwakilan suku Dayak dari Malaysia dan Brunei Darussalam ini juga memamerkan berbagai produk unggulan inovatif dari seluruh penjuru kalimantan, seperti kain-kain tradisonal, kerajinan songkok, kuliner khas daerah dan lain-lain.









Comments