Menantang nyali di Gua Limbuhang Barabai Kalimantan Selatan

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai tempat wisata riam bajandik, senajutnya saya akan mengulas sebuat tempat wisata yang lumayan menantang. Sebuah gua yang berada di bawah bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter ikeunikan gua ini yaitu menawarkan kesejukan dari balik dinding batu dan air telaga mini yang bisa berubah warna. Lokasi ini masih terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan dari tempat wisata riam bajandik tadi hanya sekitar 30 menit.


Jika cuaca sedang panas, sekitar pukul 11.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA, airnya akan berwarna biru laut saat diterpa sinar matahari. Namun, saat cuaca teduh atau agak gelap, airnya berubah menjadi biru kehijauan. Suasananya yang sejuk dengan pemandangan indah, membuat Gua Limbuhang dikunjungi banyak wisatawan.



Di sini, kamu bisa berfoto ria di antara dinding-dinding dasar gua. Pengelola telah menyediakan satu perahu karet dengan dua dayung untuk mengitari dasar sungai. Biasanya, pengunjung akan menuju ke bagian tengah di mana terdapat akar pohon bergelantungan. Pemandu akan membantu, namun Anda juga bisa mendayung sendiri disini rasanya mulai menantang karena harus menjaga keseimbangan di atas akar dikarenakan kedalaman gua sekitar 50 meter.

Saat sepi kamu bisa foto sepuasnya di atas akar. Pengunjung tidak diperkenankan berenang di sini, karena kedalaman air diperkirakan mencapai 50 meter. Jika Anda ingin ke sini, saran saya datanglah saat pagi, karena masih agak sepi dan tidak perlu antre lama untuk menikmati suasana dan keindahannya.

Letak Gua Limbuhang ini juga berdekatan dengan waterpark di area objek wisata outbond Baruh Bunga.

Rute dari Barabai, kamu bisa menggunakan mobil maupun kendaraan roda dua. Jarak dari Barabai ke Haliau sekitar delapan kilometer, melewati Pagat Kecamatan Batubenawa. Sebelum ke area gua, kamu harus memarkir kendaraan di area yang telah disediakan. Lalu berjalan kaki sekitar 15 menit menaiki dan menuruni bukit dengan tangga tanah yang sudah diratakan.

Bagaimana, tertarik menjelajahi Gua Limbuhang ini??









Comments