Dirgahayu Republik Indonesia ke-67

Pada hari ini indonesia memperingati sebuah momen yang sangat berharga yaitu peringatan kemerdekaan yang telah dicapai oleh segenap rakyat indonesia pada tanggal 17 agustus 1945 silam, ada yang spesial pada hari ini ialah bulan agustus pada tahun 2012 persis sama dengan bulan agustus pada tahun 1945 dan sama pula pada saat merayakan bulan ramadhan. Untuk mencapai kemerdekaan, dahulu rakyat berjuang dengan semangat tanpa pamrih, berjuang dengan keringat bahkan hingga darah bercucuran hanya untuk 1 tujuan yaitu melihat bendera merah putih bisa berkibar. Tetapi kenyataan pada jaman sekarang ini kemerdekaan hanyalah berlaku bagi orang-orang tertentu, tentunya orang yang mempunyai pangkat-pangkat tertinggi dan belum berlaku bagi rakyat-rakyat kecil. Apa sebenarnya makna kemerdekaan pada hari ini, apakah hanya melakukan ritual atau upacara semata atau hanya sekedar bisa membuat kata-kata manis?    Makna kemerdekaan bagi saya sendiri adalah melihat apa yang sudah ada, melakukan apa yang saya bisa, dan berharap akan ada perubahan di negeri ini.
Sebenarnya belum bisa di katakan merdeka untuk indonesia saat ini, tetapi melanjutkan perjuangan yang telah di mulai pada 67 tahun silam, ingat kemerdekaan ingat pula sebuah semangat baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang bisa memerangi segala kejahatan dan keburukan dalam diri setiap manusia.
Walaupun kita berpikir bahwa meskipun sudah bebas dari penjajah tetapi belum terlihat dimana letak kemerdekaannya tetapi patutlah kita bangga bisa hidup di negara indonesia ini dan bangga dengan segala perjuangan para pemimpin negeri ini yang terus menerus berjuang untuk mensejahterakan rakyat.
Sebagai generasi muda seperti saya sendiri, juga harus bisa berpikir kedepan agar tidak melupakan segala perjuangan nenek moyang kita pada masa lampau meskipun anak muda sekarang sangat berbeda dengan anak muda pada jaman dulu tetapi tekad dan perjuangan kita tatap sama seperti para pejuang dahulu.
Dengan berbangga hati saya mengucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA ke-67 Semoga apa yang telah dicapai pada jaman dulu, tidak hanya berhenti di situ juga tetapi bisa kita lanjutkan bersama-sama.


Comments