Tugu pahlawan minggu pagi

Kemarin tanggal  12 agustus 2012 iseng-iseng saya jalan-jalan ke Tugu Pahlawan Surabaya, klo di hitung2 ga tau sudah berapa kali saya menginjakkan kaki di tugu pahlawan, mulai dari jalan-jalan minggu pagi, liat konser peringatan hari pahlawan, sama lewat sebentar pas mau ke stasiun semut... Karena kemarin jalan-jalan sama someone jadi q ajak jalan2 aja ke tugu pahlawan dari pada muter2 di mall...wkwkwkw *ga bondho jare :)
Bukan hanya di dalam area tugu pahlawan saja yang ramai pada hari minggu tetapi di pinggir jalan raya terutama jalan raya yang mengelilingi tugu pahlawan sangat ramai oleh pedagang-pedagang yang menjajakan dagangannya. Mau cari barang apapun ada disana selain untuk berwisata memang sangat cocok untuk mencari segala keperluan yang dibutuhkan mulai dari baju, sepatu, sandal, dan masih banyak lagi tetapi ingat jam sebelas siang mulai sudah sepi di sana...
Selain di pasar-pasar yang berada di pinggir jalan kalau kita masuk ke area dalam tugu pahlawan pertama kita akan disambut dengan 3 tiang yang mungkin juga masih sisa dari peninggalan jaman dulu setelah itu kita akan melihat sebuah tongkat besar berwarna putih yang dengan sebuah tombak, itulah yang di sebut dengan Tugu Pahlawan.
Selain melihat pemandangan sebuah tugu, kita bisa istirahat dengan santai bersama keluarga, pacar, atau orang yang ga dikenal pun di sekitar lapangan tugu pahlawan, karena disana disediakan tenpat duduk yang tertutup oleh pohon jadi bisa terhindar dari panas matahari, dan pastinya udara akan terasa lebih segar. Setelah istirahat sebentar saya mulai mengitari bagian belakang tugu pahlawan nah disana ada museum 10 November, pikir saya kebetulan mumpung ajak someone q ajak masuk aja di dalam musiumnya karena pertama kali juga dia ke tugu pahlawan, eh sampai di depan pintu musiumnya masih direnovasi jadi sementara ditutup. Sebenarnya didalam museum itu ada berbagai macam barang peninggalan bersejarah, mulai dari senjata, radio, dan berbagai macam patung-patung dan diorama. Kita bisa juga mendengarkan siaran asli Bung Karno di radio, dengan memasukkan sebuah koin ke radio tersebut...*seingat saya tp karena sudah lama juga saya ga masuk museum itu...hehehehe
Karena ga jadi masuk museum akhirnya kita berfoto-foto aja sambil ngempet nahan panas meskipun dengan hape bukan Blackberry yang penting sudah ada kenangan di sana... Setelah berfoto-foto baru duduk-duduk sambil bercerita eh ga terasa sudah kena obrak sama petugasnya maksudnya peringatan kalau sudah mau du tutup karena sudah jam 11 siang.
Berbicara mengenai tugu pahlawan pasti dibalik itu ada cerita sejarahnya, seperti biasa kalau masalah sejarah sebenarnya saya ga terlalu suka tetapi disini saya comotkan dari web tetangga tentang sejarah tugu pahlawan.

Gimana sudah dibaca semuanya, itulah sejarahnya yang saya comotkan dari http://supartobrata.com/?p=105 menurut saya tugu pahlawan itu memang sebagai tonggak sejarah kota surabaya bagi arek-arek suroboyo, jadi orang surabaya ga pernah ke tugu pahlawan itu yow memang kebacut...hehehehe

update foto






Comments