Pantai Pasir Putih Delegan Gresik

Menikmati suasana semilir angin. (Dok.Pribadi, #andrography)
Hari rabu kemarin untuk mengisi liburan, saya iseng2 main ke kota gresik karena penasaran belum pernah ke gresik sama sekali, setelah dari alun-alun gresik saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan mencari-cari tempat wisata di kota gresik, setelah mendapat referensi saya mencoba untuk mengunjungi Pantai Delegan atau Pantai Pasir Putih, pantai yang terletak tepatnya di Desa Delegan kecamatan 
Panceng,Gresik. Bagi saya pantai tersebut merupakan Pantai yang tak kalah indahnya dengan Pantai-pantai lain di Indonesia apalagi jika di bandingkan dengan pantai kenjeran yang ada di surabaya pantainya pun cukup bersih dan terlihat biru fasilitas meskipun tak seberapa lengkap jika dibandingkan dengan pantai yang ada di surabaya tetapi suasana lebih nyaman jika digunakan untuk sekedar melepas lelah. Untuk lautnya sendiri tidak terlalu berbahaya karena ombaknya juga tidak seberapa besar bahkan anak kecil pun bisa berenang dengan menggunakan karet ban didampingi dengan orang tuanya. Nah bagi warga Gresik sendiri, Surabaya, Mojokerto, maupun Lamongan yang senang dengan wisata pantai, kiranya pantai yang satu ini dapat menjadi pilihan.

Perlu diketahui WISID (Wisata Segoro Indah Delegan) atau disebut juga Pantai Pasir Putih adalah wisata pantai yang ada di kabupaten Gresik. Tepatnya berada di desa Delegan kecamatan Panceng.

Dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km kurang lebih kemarin saya tempuh 1 jam karena hanya bermodal menggunakan GPS tanpa tau arah. Setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.

Pantai Delegan juga bisa menjadi alternatif dari perjalanan wisata, seperti mereka yang melakukan wisata religi wali songo ataupun yang berwisata ke WBL (Wisata Bahari Lamongan). Sebab letaknya berada dijalur lalu lintas wisata tersebut.Pantai yang lebih terkenal dengan nama pantai Delegan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Menurut Muzaradin, Kepala Desa Delegan , bahwa sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa. “Hasil dari pengelolaan tempat wisata ini digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa Delegan, seperti ada penggajian sampai di tingkat RT dan program bedah rumah bagi keluarga tidak mampu”, tutur Muzaradin.

Ombak pantai (Dok.Pribadi, #andrography)

Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.  Pengunjung yang datang selama ini rata-rata 300 orang/hari, sedangkan di hari libur sampai di atas 500 orang.


Di tengah terik matahari. (Dok.Pribadi, #andrography)


Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan.

Untuk bisa menikmati panorama pantai Delegan, Dengan tarif sebesar Rp 6000 sekali masuk untuk orang dewasa dan Rp 4000 anak-anak dan sepeda motor Rp. 3000. Para pengunjung bisa menikmati pantai pasir putih serta berbagai mainan lainnya yang ada di tempat wisata Pantai Gresik itu. Saya dan teman-teman merasa cukup senang dan nyaman di Pantai ini, karena Panorama yang indah dan nyaman sekali buat kita yang lagi refresing. :)


(Dok.Pribadi, #andrography)

(Dok.Pribadi, #andrography)




Ikutan mejeng.. :) (Dok.Pribadi, #andrography)

Menikmati panas. (Dok.Pribadi, #andrography)

Melihat luasnya laut.. :) (Dok.Pribadi, #andrography)

Efek photo jd belang hitam. (Dok.Pribadi, #andrography)

Liat atas tu.. (Dok.Pribadi, #andrography)

Baru lihat bawah... :) (Dok.Pribadi, #andrography)

Tanpa editan cmn efek foto pantes jd patung tu. :) (Dok.Pribadi, #andrography)

Kapal-kapal yg sedang berlabuh. (Dok.Pribadi, #andrography)


Mengukir kenangan. :) (Dok.Pribadi, #andrography)





Bagaimana?? Terlihat sepi memang karena bukan libur nasional kebetulan pas libur rabu abu awal puasa bagi umat kristen, jadi ga banyak orang yang sedang liburan. hehehehe

Peta Rute Menuju Pantai Pasir Putih Delegan, Gresik dari arah Surabaya.



Lihat Peta Lebih Besar

*Semua foto diatas adalah dokumen pribadi tanpa editan sama sekali dan original bukan dari blog orang lain dan hanya menggunakan efek dari ponsel android (#andrography). Terima Kasih

Comments