Pantai Kartini atau "Dampo Awang Beach" Destinasi wisata Kota Rembang

Hari minggu jalan-jalan ke Kota Rembang Jawa Tengah, melihat apa saja destinasi wisata di kotan ini,  mungkin  banyak yang tau Kota Rembang dikenal dengan Museum Kartini yang menjadi destinasi wisata sejarah dan perjuangan bangsa. Namun selain  Museum Kartini, kota lama dan kecil ini juga mempunyai destinasi wisata andalan lainnya yaitu Pantai Kartini atau "Dampo Awang Beach" .
Pantai Kartini atau juga disebut Pantai Dampo Awang ini berada di pusat kota. Berada tak jauh di sebelah barat Kantor Bupati Rembang.Pantai Kartini tampak cukup sederhana dengan  hanya dilengkapi beberapa fasilitas dan sarana permainan anak-anak. Di pantai ini terdapat tiga anjungan dengan bentuknya yang khas dan terbuat dari kayu menurut saya kalau masih pagi atau sore pasti suasananya sangat bagus tp klo pas siang hari udaranya cukup menyengat kulit, kebanyakan spot disana juga digunakan untuk para muda mudi dalam memadu kasih sambil menikmati semilir angin laut jadi klo bisa bawa pasangan lebih bagus tu sambil curhat2 di pinggir pantai. :D



Panorama di Pantai Kartini sebenarnya cukup indah. Walaupun pantai ini tidak memiliki pasir pantai yang putih, tetapi pasir pantai yang berwarna hitam dan berlumpur , namun lingkungan di pantai cukup bersih dengan ombak yang cukup tenang mungkin kurangnya kesadaran para pengunjung sehingga masih ada sampah yang berserakan. Obyek wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini; berada di desa Tasik Agung, Kecamatan Rembang. Jarak dari pusat kota Rembang ± 500 M dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum, Obyek wisata ini mempunyai nilai sejarah, Konon Pantai di obyek wisata tersebut, dipergunakan untuk upacara sedekah laut, sedangkan tujuannya agar para nelayan mendapat keselamatan dan mendapatkan hasil perolehan ikan yang banyak. Namun sekarang nelayan telah menyelenggarakan upacara tradisi itu di masing-masing desanya.
 Adapun di Obyek wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini tersebut setiap setahun sekali masih dilaksanakan upacara tradisi yakni Lomban atau yang disebut dengan syawalan, dimana para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara datang pada saat acara tersebut diselenggarakan yaitu pada hari ke-5 setelah Hari Raya Idul Fitri. Biasanya kegiatan yang dilakukan oleh para wisatawan beramai-ramai bersama keluarga naik perahu menuju pulau Marongan yang konon juga bersejarah.
Agar para wisatawan dapat memperoleh kenangan setelah pulang di daerah tempat tinggal masing-masing, maka setiap hari besar atau dua kali dalam satu bulan pada hari Minggu di Obyek wisata tersebut di gelar pentas seni kesenian Daerah, dan para wisatawan juga dapat menikmati makanan khas daerah Rembang yang tersedia pada saat itu Cindera mata khas Rembang yang perolehannya dari benda-benda laut dengan bentuk dan motif yang bagus juga tersedia di sana. Kini penggantian nama pantai kartini menjadi "Dampo Awang Beach" dilakukan untuk membedakan dengan Pantai Kartini yang ada di jepara di Jepara. Bagi yang tidak suka berenang di pantai panas-panas bisa mencoba kolam renang yang berada di area pantai tersebut, bisa juga menikmati perahu kayuh yang telah disediaakan disana, pastinya bukan di area lautnya.. :) Selamat menikmati liburan di kota kartini rembang.

Tiket masuk taman Rp. 10.000



Masih kurang ya kesadaran para pengunjung

Bersama orang tercinta di bibir pantai


Keceriaan bersama keluarga

Klo ga suka dengan panas, ada juga spot di bawah pohon.





Pintu masuk kolam renang, per orang bayar Rp. 10.000 lagi



Wisata air lainnya, perahu pancal persis di pinggir pantai.

Comments