Keindahan Sunrise di Pantai Bama dan Merasakan Sensasi berpetualang menyusuri hutan

Istirahat beberapa jam sudah terasa cukup untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan dari puncak kawah ijen dan menikmati sunset di padang savana bekol pada sore hari.
Sunrise pantai Bama
Pagi harinya rencana kami adalah menikmati sunrise di kawasan wisata pantai bama, yang masih dalam kawasan Taman Nasional Balurnan, pukul 02.30 kami sudah harus bangun dan mengemas peralatan dan barang bawaan untuk bersiap-siap menuju ke kawasan pantai bama sebelum matahari terbit, pukul 03.00 kami memutuskan untuk langsung cek out dan langsung menuju ke pantai bama.
Setelah sampai di kawasan wisata pantai bama, suasana masih sepi dan gelap, tetapi semua itu terbayarkan setelah menunggu tidak sampai satu jam, kami bisa menikmati keindahan sunrise yang luar biasa.
Perlu di ketahui Pantai Bama merupakan bagian dari gugusan pantai yang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran (sering disebut dengan Afrika-nya Indonesia) yang secara administratif termasuk dalam wilayah kecamatan Banyuputih, Situbondo. Memiliki pantai yang putih dengan vegetatif bakau disekitar pantai.
Di pantai ini terdapat beberapa macam jenis burung  dan kera liar yang tinggal di hutan dan juga terdapat bermacam jenis ikan, ular dan bahkan kucing hutan juga dapat ditemukan disini, namun hanya berburu di malam hari. Suasana yang masih 'liar' pun bisa kita rasakan.
Setelah menikmati suasana pantai di pagi hari, kami melanjutkan untuk menyusuri hutan. Selama 1 jam kami berjalan melewati hutan akhirnya kami tiba di sebuah pantai yang sangat indah dan masih jarang pengunjung yang datang kesana bahkan selama kami disana tidak ada pengunjung sama sekali. Saya tidak tau pasti itu namanya pantai apa, tetapi sampai disana serasa berada di pantai pribadi dengan keindahan laut yang bisa di coba untuk berenang.
Saat waktunya sudah cukup, kami putuskan untuk kembali ke pantai bama dengan menyusuri hutan lagi. Setelah sampai di pantai bama, kami melanjutkan untuk singgah sebentar di kawasan hutan manggrove.
Petualangan kali ini sungguh luar biasa selama 3 hari kami menyusuri, Gunung, Kawah, Hutan, Pantai, Kawasan Manggrove dari anak gunung, menjadi anak pantai, dan juga jd anak hutan. :D
Waktu sudah menunjukkan sore hari, kamipun bersiap-siap untuk bertolak lagi kembali ke kota surabaya, karena esok hari kembali beraktifitas lagi untuk mencari pundi2 rejeki.
Itulah sekilas perjalanan kami episode Kawah Ijen, Sebagai wisatawan jangan lupa kita juga harus turut menjaga kawasan wisata tersebut, dari yang saya amati masih banyak wisatawan yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk tetap mencintai alam.

Keindahan menjelang matahari terbit

Menunggu Pagi

Baktiku pada alam

Payau di tengah hutan

Narsis di dalam hutan

Perjalanan menyusuri hutan

Hanya kami di pantai ini

Pantai yang tenang dan sepi

Ini aksi kecilku

Oleh2 yang kami temui dalam perjalanan menyusuri hutan, ini aksi kecilku.

Menikmati segarnya es di siang bolong

Masih malu-malu untuk menampakkan diri

Kawasan pinggir hutan manggrove

Wahana yang patut anda coba

Kawasan Hutan Bakau

Selamat tinggal Situbondo, dalam perjalanan pulang kami di sambut dengan sunset yang sangat indah.