Pesona Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota pacitan

Klayar adalah pantai eksotik dengan hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter.

Perjalanan menuju ke pantai Klayar adalah sebuah tantangan bagi mereka yang suka akan kegiatan luar ruangan, karena jalan yang harus diakses terbilang sempit dan rusak di beberapa bagian. Ditambah lagi, terdapat kelokan tajam serta rute yang naik turun perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.

Perjalanan dimulai dari surabaya, berangkat dari surabaya pukul 10 malem dengan tujuan awal kota solo, sampai di solo saya berangkat naik bis antar kota tepat pukul 07.00 pertama gambaran saya adalah perjalanan dari solo menuju pacitan adalah 2 jam sedangkan kenyataannya adalah 5 jam dan baru sampai pacitan pukul 12.00.

Sesampainya di pacitan saya langsung menuju tempat penyewaan sepeda motor, disini sekali sewa 1 sepeda motor untuk 24 jam Rp. 60.000 belum termasuk bensin dan biaya penjemputan seiklasnya.

Dari pacitan kota saya langsung menuju ke pantai klayar dengan perjalanan kurang lebih 1 jam melewati goa gong yang begitu ramai oleh pengunjung. Separo perjalanan jalan masih bagus tetapi setelah itu yang ada hanya jalan berdebu dan mulai dengan jalan yang sempit.

Perjuangan tersebut akhirnya tergantikan oleh pemandangan pantai klayar yang begitu menakjubkan, setelah foto sana sini akhirnya saya memutuskan untuk kembali karena bis menuju solo terakhir pukul 4 sore, setelah waktu menunjukkan pukul 3 sayapun bergegas untuk kembali mengantarkan teman ke jalan raya arah solo pacitan.

Setengah 5 kami baru menemukan bis arah solo, dan saya pun kembali ke kota pacitan sendiri untuk mengembalikan sepeda motor, sempet saya mampir di pantai teleng ria yang berada 3 km dari kota pacitan untuk menikmati sunset tetapi ternyata mataharinya sudah tenggelam duluan.

Pukul 18.00 saya mengembalikan sepeda, karena bus terakhir ke surabaya pukul setengah 7 saya pun di antar ke tempat pemberhentian bus, disana hanya ada bus terakhir yang menuju ponorogo karena kalau ke surabaya langsung adanya pukul 11 malem, ya bisa2 saya tiduran di pinggir jalan yang gelap tu...

Pukul 18.45 saya menuju kota ponorogo dengan perjalanan kurang lebih 3 jam, sesampainya di ponorogo saya pun oper bis kembali untuk menuju ke kota madiun dengan perjalanan tidak sampai 2 jam, dan dari madiun akhirnya saya menemukan bis mira untuk langsung menuju surabaya, dan baru pukul 02.00 pagi saya sampai surabaya, sungguh perjalanan yang luar biasa karena esok harinya harus kembali bekerja lagi..

Tapi sayang  planningnya sangat berlawanan jauh sekali karena memang belum tau medannya disana dan meskipun hanya 2 pantai cukup untuk mematahkan rasa penasaran akan pantai di pacitan. Masih banyak yang harus di jelajahi lagi disana tetapi untuk waktu yang akan datang.

Menikmati sisa sunset di pantai teleng ria