Sea Waterfall - Air Terjun Toroan Sampang Madura

Air Terjun Toroan merupakan sebuah air terjun yang berada dalam kawasan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Tepatnya berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Walaupun objek wisata yang satu ini belum difasilitasi dengan baik untuk kenyamanan para wisatawan, tetapi akses menuju air terjun ini tidak begitu sulit, apalagi jika anda sudah berada di Kabupaten Sampang.
Tempat wisata ini menjadi tujuan saya berikutnya setelah bukit kapur arosbaya, jalannya mmudah dan beraspal hanya sedikit lebih jauh.

Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi maupun sewaan, jika dari Surabaya anda akan menempuh perjalanan sekitar 105 kilometer. Sebelumnya, anda harus menyebrang menuju Pulau Madura baik melalui Tol Suramadu ataupun menyebrang dengan kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Jika anda melewati Tol Suramadu, selanjutnya anda bisa memilih jalan menuju Sampang dengan belok ke kanan di pertigaan jalan setelah melewati Tol Suramadu, atau anda bisa jalan terus menyusuri jalur pantura Bangkalan. Tarif lewat tol untuk kendaraan roda dua adalah Rp 3.000*) sedangkan kendaraan roda empat Rp 30.000*).

Bisa juga menggunakkan kapal ferry dari Tanjung Perak menuju Kamal di Bangkalan dan melewati jalur pantura.

Dari Kamal, anda juga bisa langsung menempuh rute melalui jalan pantura Bangkalan ataupun melalui arah Sampang. Anda tinggal menuju Kecamatan Ketapang dan jarak Air Terjun Toroan dengan ibukota kecamatan hanya sekitar 4 kilometer saja.

Anda akan melewati dua kali jembatan besar dan setelah melewati jembatan kedua anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar mengenai lokasi dari Air Terjun Toroan. Untuk anda yang membawa kendaraan roda dua, bisa membawa kendaraan anda ke arah dekat air terjun, sedangkan untuk anda yang membawa kendaraan roda empat bisa menitipkannya di rumah-rumah warga.Anda tinggal berjalan kaki sekitar 50 meter menuruni jalan setapak yang cukup curam untuk tiba di Air Terjun Toroan.

Namun, bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi dari Surabaya tepatnya dari terminal Bungurasih anda bisa menggunakkan bis jurusan Sampang. Untuk bis AC tarifnya sekitar Rp 25.000*) dan melewati jalur Tol Suramadu. Lain halnya dengan anda yang menggunakkan bis ekonomi. Jalur yang digunakkan adalah melalui penyebrangan dengan kapal ferry, namun anda tidak perlu membayar kapal lagi karena sudah termasuk tiket bis anda.

Hanya pada malam hari bis ekonomi diperbolehkan melewati Tol Suramadu. Setibanya di Sampang, tepatnya dari perempatan barisan yakni didepan SMA Negeri 1 Sampang, anda bisa menaiki angkot jurusan Ketapang dengan ongkos sekitar Rp 10.000*) per orang.

Ada keunikkan yang jarang dimiliki oleh air terjun pada umumnya. Air Terjun Toroan tidak berada di area pegunungan ataupun perbukitan, tetapi berada tepat di kawasan pesisir pantai sehingga, air yang jatuh langsung bercampur dengan kawasan muara Laut Jawa.




Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki suasana yang rindang karena masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan di sekitarnya. Air yang jatuh dari aliran sungai yang menghasilkan Air Terjun Toroan juga terasa sangat segar dan sangat sayang untuk melewatkan kesempatan menikmati kesegaran airnya.

Bebatuan dan view pantai lengkap dengan pasirnya menjadi pemandangan unik tersendiri ketika anda bertandang ke kawasan Air Terjun Toroan. Pada sore hari, anda bisa menikmati momen matahari terbenam atau yang dikenal dengan sunset.



Sayangnya, dibalik keunikkan dan keindahan alam yang dimilikinya, daerah sekitar air terjun ini belum dikembangkan secara maksimal oleh pemerintah daerah setempat. Tak adanya fasilitas toilet umum, kamar ganti, tempat ibadah, penginapan, rumah makan bahkan penjual-penjual makananpun belum bisa anda temukan di sekitar Air Terjun Toroan. Untuk itu, diperlukan persiapan lebih ketika anda ingin melihat langsung keunikkan air terjun ini.











Comments