Bawa Misi Toleransi Agama, Bule Australia Jalan Kaki Bali-Jakarta

Seorang bule Australia bernama Craig Leslie Hodges melakukan aksi jalan kaki dari Kuta, Bali menuju Jakarta dengan mengusung misi perdamaian dan toleransi antar umat beragama. Sambil membawa spanduk bertuliskan #PeaceWalkWithMuslims, ia mulai bertolak dari Bali sejak 26 Januari 2015 lalu dan sudah tiba di Kediri, Jawa Timur pada 26 Februari 2015. Selanjutnya ia akan menyusuri daerah lainnya termasuk Yogyakarta, Bandung kemudian tiba di Jakarta.

Melalui informasi yang dikirimkan Craig kepada Tribun Jogja, aksi ini merupakan bagian dari gerakan untuk mengkampanyekan pemahaman bersama mengenai pentingnya persatuan dan toleransi antar umat beragama.

"Aksi ini berupaya untuk memberikan pesan seluas-luasnya melalui berbagai media. Sebuah pesan harapan dan perdamaian terkait hubungan antara muslim dan nonmuslim," demikian keterangan sebagaimana yang dimuat dalam website resmi Craig Hodges Consultancy.

Adapun cara demikian diyakini sebagai metode yang tepat untuk memberikan persepektif baru dan representasi yang lebih baik dalam menggabarkan umat muslim di Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi penting mengingat isu ini kian menghangat terutama dengan yang terjadi di dunia barat. Pendeknya, ia ingin menyampaikan bahwa Islam memang merupakan agama cinta damai, dan bisa hidup damai dengan agama lainnya di dunia ini.

"Aksi ini berusaha untuk memberikan pemahaman lebih mendalam dan pendidikan untuk membantah stereotype negatif tentang muslim sebagaimana yang digemborkan media barat. Kedua, aksi ini berupaya untuk mengkampanyekan solideritas dan perdamaian,".

Sementara itu, selama perjalanan tersebut, Craig mendapatkan begitu banyak pengalaman. Semisal ketika dia hadir ditengah-tengah para pelajar yang berada di 'Kampung Inggris' Pare, Kediri untuk menjelaskan aksi yang ia lakukan. Serta berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai pelosok daerah. Ia juga berfoto bersama dengan Satpol PP di Surabaya, makan dan berbincang di 'Warung Mbak Sum', berdialog dengan orang-orang yang ia temui di jalan, mengunjungi Trowulan, berfoto bersama para pelajar di Jombang bahkan hingga bermalam di pinggir sungai dengan hanya beratapkan langit seperti yang ia posting dalam akun facebooknya.

"#Peacewalkwithmuslims slept out under the stars last night by a river in the fields between Wates and Blitar in Indonesia. A very peaceful night with only a light rain before sunrise," demikian keterangan yang ia lampirkan dalam postingan foto tersebut.

sumber

Comments