Tradisi Imlek Menginspirasi Toleransi Beragama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh warga yang merayakannya. Lukman mengatakan, Imlek merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang ikut menciptakan budaya keberagaman di Indonesia.

"Semoga perayaan Imlek kali ini membawa keberkahan, kedamaian, dan kesejahteraan. Imlek merupakan tradisi yang sudah begitu lama dan menginspirasi toleransi beragama," ujar Lukman saat ditemui dalam penutupan Mukernas I PPP di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (19/2/2015).

Lukman mengatakan, saat ini kebiasaan untuk saling bertoleransi antarumat beragama semakin tinggi. Menurut Lukman, kesadaran bertoleransi tidak hanya ditunjukkan oleh warga yang merayakan Imlek, tetapi juga warga yang tidak membiasakan diri merayakannya.

"Walaupun banyak yang tidak membiasakan diri untuk merayakan, namun tetap menghormati saudara-saudara kita yang merayakan Imlek," kata Lukman.

Hari ini warga Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek 2566. Di sejumlah daerah, perayaan Tahun Baru Tiongkok dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya.

sumber

Comments