Bukit Matang Kaladan, Raja Ampatnya Kalimantan



Bukit Matang Kaladan adalah perbukitan yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dekat dari kota Banjarmasin. Kawasan perbukitan ini dapat anda capai hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Kota. Karena lokasinya yang terjangkau dan cukup strategis tersebut, para wisatawan ataupun turis yang berkunjung ke Banjarmasin, pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi bukit matang kaladan ini.



Walau tidak menempuh perjalanan yang jauh dan juga tidak rumit untuk dicapai, bukan berarti pemandangan di bukit matang kaladan ini tidak seindah tempat-tempat wisata tersembunyi lain. Faktanya, bukit matang kaladan keindahannya mampu menandingi keindahan Raja Ampat di Papua. Bukit matang kaladan berlokasi di desa dengan nama yang sama yaitu Matang Kaladan. Daerah ini sudah berkembang dengan pesat mengikuti arus perubahan di mana semakin banyak wisatawan yang mengunjungi desa ini. Oleh karena itulah, masyarakat desa ini dapat anda andalkan dalam perjalanan anda menuju bukit matang kaladan.

Setelah melalui perjalanan dari Banjarmasin anda akan mencapai daerah Matang Kaladan. Akan tetapi, anda belum menemui bukitnya. Untuk mencapai bukit ini anda harus melakukan perjalanan lagi, yaitu pendakian. Tentu suatu bukit harus didaki untuk dinikmati keindahannya bukan? Sebagai informasi untuk menggambarkan bagaimana keindahan dari bukit matang kaladan ini, berikut cerita singkat pendakian yang kami lakukan untuk dapat mencapai puncak bukit matang kaladan dan menyaksikan pesona bukit nan hijau milik Kalimantan Selatan.

Perjalanan menuju bukit nan hijau matang kaladan ini dimulai dengan sampainya kami ke desa. Ketika memasuki lokasi pendakian bukit, terdapat biaya retribusi yang harus dibayarkan atau dapat juga disebut sebagai Harga Tiket Masuk (HTM). Harganya sangatlah murah, ketika itu hanya Rp3.000 dengan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000. Setelah membayar HTM, kami kemudian diarahkan ke titik perjalanan pendakian bukit dimulai.



Awalnya pendakian dapat ditempuh dengan cukup santai dan mudah juga sejuk dengan hembusan angin perbukitan. Namun, lama-lama kelamaan sudut pendakian semakin curam. Sudut pendakian diperkirakan mendekati 60o dan tentunya akan sangat melelahkan bagi anda yang tidak terbiasa melakukan pendakian. Akan tetapi, pihak pengelola objek wisata ini telah menyediakan bantuan tali di sepanjang pendakian untuk membantu pendaki menempuh perjalanan yang cukup berat ini.
Perjalanan pendakian menuju puncak bukit matang kaladan memang tidak mudah, tidak sering juga banyak wisatawan yang menyerah. Akan tetapi sangat disarankan untuk anda tidak menyerah, karena keindahan alam di atas bukit akan membayar semua kelelahan anda itu nantinya. Lama pendakian berbeda-beda setiap orangnya, tergantung stamina dan pengalaman dari masing-masing individu. Namun, secara rata-rata normal pendaki membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak bukit.

Sesampainya di puncak bukit, tentu anda akan terkesima seperti yang kami rasakan. Warna dominan hijau yang memenuhi indera mata anda akan sangat mengalihkan perhatian. Pemandangan bukit yang menampilkan bendungan Riam Kanan juga pulau-pulau kecil di sekitarnya benar-benar mempesona. Bahkan banyak orang menjuluki puncak bukit matang kaladan ini sebagai Raja Ampat milik Kalimantan. Bagi anda yang ingin mencari spot-spot foto menarik, anda dapat memanfaatkan beberapa titik foto dan juga hammock di sekitar untuk mendapatkan kualitas foto terbaik anda.






Comments