Rekomendasi Wisata Palangkaraya yang Low Budget

Palangkaraya merupakan sebuah Kota yang berada di Kalimantan Selatan, Kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, palangkaraya sendiri pun disebut juga dengan kota cantik, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Palangkaraya. Palangkaraya punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata, kali ini idblogpacker akan membahas beberapa tempat wisata yang low budget dan bisa di explore dalam 1-2 hari saja untuk yang mempunyai waktu liburan sedikit.



Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Palangkaraya, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika ke Palangkaraya mungkin yang di ketahui hanya sedikit aja, namun ternyata Palangkaraya ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya. Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Palangkaraya. Perjalanan saya mulai dari banjarmasin dengan jarak tempuh 194 Km dari kota banjarmasin, melewati beberapa tempat dengan jalan yang sangat bagus dan tidak ada hambatan. Setelah melewati jembatan barito yang merupakan icon kota banjarmasin, Istirahat pertama di kota yang masih dekat dengan banjarmasin yaitu Kuala Kapuas





Setelah melewati kota kuala kapuas, salah satu yang menarik saat perjalanan ke palangkaraya yang menarik adalah melewati jembatan rawa terpanjang di indonesia yaitu Jembatan Tumbang Nusa sepanjang 10 Km yang akan kita lihat di sepanjang kanan kiri adalah hutan rawa. Jembatan yang di bangun pada tahun 2000 ini memiliki panjang 10,1 Kilo Meter dan merupakan jalur penghubung dari Pulang Pisau – Palangka raya. Dengan nama jalan Trans Kalimantan. Jembatan ini selesai dan resmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan pencanangan panen raya lahan eks Pengembangan Lahan Gumbut (PLG) pada akhir Agustus 2006. Jalan ini juga sebagai penghubung utama antara Provinsi Kalimantan Tengah (Palangkaraya) dan Kalimantan Selatan (banjarmasin). Jembatan ini berada di tengah tengah rawa di antara Sungai Sebangau, Sungai Kapuas, dan Sungai Kahayan.





Setelah singgah sebentar di atas jembatan Tumbang Nusa, perjalanan pun saya lanjutkan kembali. oh ya jangan lupa persediaan bbm harus sudah siap karena jika kehabisan bensin akan sangat kesulitan karena beberapa tempat sangat jauh dengan pemukiman warga.

Beberapa jam kemudian sampailah di kota palangkaraya, tanpa basa basi yuk kita explore kota ini yang menurut idblogpacker low budget.

Pertama Kita Bisa Foto-foto di Bundaran Kota Palangkaraya, Bundaran Besar Kota Palangka Raya ini adalah salah satu Obsesi Ir. Soekarno untuk menjadikan Kota Palangka Raya  sebagai Ibukota Negara, hal ini sudah direncanakan sejak awal. Lokasi Bundaran Besar berada tepat di jantung Kota Cantik, tepatnya di depan Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, samping Gedung DPRD yang kini berubah fungsi menjadi Gedung KONI, persis di hadapan Gedung Batang Garing Bussines Center dan Palangka Mall.
Bundaran Besar yang dibangun pada tahun 1957-1959 memiliki desain unik dan kaya makna. Di kawasan sekitar Bundaran Besar Kota Palangka Raya terdapat monumen dengan komposisi patung tentara, perempuan dan lelaki sipil, naga dan burung Enggang.

Patung Cilik Riwut





Setelah panas-panasan berfoto di bundaran besar, lanjut lagi ke tempat menarik lainnya di Jembatan Kahayan, Lanjut ke post berikutnya ya.. :D

Comments