Danau Tahai Palangkaraya

Danau Tahai adalah sebuah danau kecil yang terdapat di Kota Palangkaraya. Keistimewaan kawasan wisata Danau Tahai lainnya adalah disediakannya jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi areal hutan ini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan terendam air gambut. Danau Tahai memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya (terutama di luar Pulau Kalimantan), yaitu airnya berwarna merah yang disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut. Di sekitar danau, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan yang unik, yaitu banyak terdapat rumah-rumah terapung yang oleh penduduk setempat disebut sebagai rumah lanting.



Danau Tahai terbentuk karena genangan air yang sudah lama akibat galian pasir. Akan tetapi, ada juga yang bilang bahwa danau ini ada dikarenakan bekas aliran sungai yang alurnya jadi berubah sehingga terbentuk genangan air yang tidak mengikuti alur sungai lagi. Bagaimanapun prosesnya, Danau Tahai tetap danau yang indah dan cocok untuk Anda kunjungi, terutama ketika libur tiba.

Untuk musim kemarau, air danau akan terlihat surut seperti waktu saya kesana, jadi hanya sebatas di luar saja untuk melihat danaunya dan karena waktu yang sudah menjelang sore akhirnya saya putuskan untuk langsung kembali.




Comments