Review Lengkap Receiver untuk Siaran TV Digital Matrix APPLE DVB T2 ( Wilayah Surabaya )

Pemerintah melalui kominfo sedang menggembor-gemborkan siaran digital, apa itu siaran digital?
Penyiaran televisi digital terrestrial adalah penyiaran yang menggunakan frekuensi radio VHF / UHF seperti halnya penyiaran analog, akan tetapi dengan format konten yang digital. Dalam penyiaran televisi analog, semakin jauh dari stasiun pemancar televisi signal akan makin melemah dan penerimaan gambar menjadi buruk dan berbayang. Lain halnya dengan penyiaran televisi digital yang terus menyampaikan gambar dan suara dengan jernih sampai pada titik dimana signal tidak dapat diterima lagi. Singkat kata, penyiaran TV digital hanya mengenal dua status: Terima (1) atau Tidak (0). Artinya, apabila perangkat penerima siaran digital dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima maka gambar-suara tidak muncul.
Dengan siaran digital, kualitas gambar dan suara yang diterima pemirsa jauh lebih baik dibandingkan siaran analog, dimana tidak ada lagi gambar yang berbayang atau segala bentuk noise (bintik-bintik semut) pada monitor TV. Pada era penyiaran digital, penonton TV tidak hanya menonton program siaran tetapi juga bisa mendapat fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian. Dengan siaran digital, terdapat kemampuan penyediaan layanan interaktif dimana pemirsa dapat secara langsung memberikan rating terhadap suara program siaran.
Semua negara harus telah menetapkan tahun migrasi dari siaran analog ke digital. Negara-negara maju di Eropa dan Amerika Serikat bahkan telah mematikan siaran analog (analog switch-off) dan beralih ke siaran digital. Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa selambat-lambatnya implementasi penyiaran digital dimulai tahun 2012 dan di tahun-tahun berikutnya di kota-kota besar yang telah bersiaran digital akan dilakukan analog switch-off. Dalam roadmap implementasi penyiaran televisi digital, Pemerintah merencanakan bahwa tahun 2018 akan dilakukan analog switch-off secara nasional. Oleh karena itu, sejak kini masyarakat dan para pelaku industri agar mempersiapkan diri untuk melakukan migrasi dari era penyiaran televisi analog menuju era penyiaran televisi digital.

Tentang TV Digital


Saya pun penasaran bentuknya itu seperti apa tow dan apakah bener bisa kualitas gambarnya bagus, katanya juga serba guna, bisa di rekam, disimpan, dan memutar usb player seperti flashdisk, dsb. Dari situlah saya mulai mencari informasi yang jual receiver tv digital di Surabaya, setelah mencari info sana sini saya pun mendapatkan informasi di daerah tugu pahlawan, setelah saya kesana saya pun mendapati sebuah rumah biasa, dan bener juga di sana jual receiver tv digital merk Matrix APPLE DVB T2 dengan harga Rp. 375.000.


Bentuknya dan ukurannya mirip seperti dvd player




Spesifikasi Apple Matrix DVB T2 ini adalah:

1. Kompatibel dengan DVB T2 standart penerimaan.
2. HDTV/SDTV MPEG-2 & MPEG-4 H.264 decoding.
3. Mendukung resolusi layar 576i, 576p, 720p/1080i/1080p.
4. Fungsi pencarian otomatis.
5. Kapasitas penyimpanan hingga 5000 saluran.
6. Fungsi edit siaran favorit, move, delete, lock, lewati, ubah nama.
7. Variabel aspek ratio 4:3, layar lebar 16:9 & 4:3 Letter box atau AUTO mode.
8. Port USB 2.0 depan.
9. Dukungan update software via USB.
10. Pemutar digital ( Video, Musik, dan Gambar, dukungan pengaturan subtitle untuk film. )
11. Selain port video out melalui kabel RCA ada dukungan juga untuk port HDMI untuk gambar yang lebih tajam di layar lcd
12. Menampilkan jadwal siaran chanel tv yang bersangkutan jika chanel tersebut mensupport jadwal siaran pada siaran digital.

Berikut screen shot yang saya ambil melalui computer setelah saya sambungkan dengan Gadmei USB TV Portable di computer dengan software TV Home Media.



Software TV Home Media bawaan Gadmei USB TV
Jadwal siaran trans 7
Menu Progam
Menu gambar
Menu pencarian siaran
Pengaturan waktu
Pengaturan ubs
Pengaturan sistem
Pengaturan bahasa
Menu multimedia dari flashdisk
Menu mp3 dari flashdisk
Siaran yang tertangkap
Trans tv
Trans 7
Menu video dari flashdisk



Kesimpulannya menurut saya Selain hasil gambar yang tajam, untuk daerah Surabaya sudah hampir mencakup semua chanel, saya dapatkan kemarin 8 chanel, Trans TV, Trans 7, ANTV, TV One, Kompas TV, RCTI, Global TV, TVRI. Yang sudah support jadwal siaran trans tv dan trans 7. Untuk multimedia music, photo, dan film, untuk film rata2 sdh mencakup banyak format video dan mensupport subtitle bagi yang sering download film pastinya sdh banyak yang tau. Saya mencoba alat tersebut tidak menggunakan antenna outdor maupun indoor, hanya saya sambungkan satu buah kabel saja pada colokan antenanya ( maklum ga punya antenna tv… hehehehe ) tetapi hasil yang di dapatkan cuku memuaskan.

Bagi yang siarannya masih banyak semut bagi saya receiver ini mungkin cocok bagi anda, masih ada jg receiver merk lainnya selain apple matrix, ada juga merk gedmei, venus, dsb. Semoga saja kedepan pemerintah berhasil mengubah siaran televise di Indonesia menjadi siaran digital semua karena selain bebas semut juga bermanfaat bagi para penonton, mungkin jg lebih di kembangkan lagi fiturnya menjadi lebih canggih lagi.  #masgreg

Comments