Traveling Pulau Gili Labak Madura

Air yang jernih
Ada satu lagi pulau yang indah dan menawan gan saya sebut saja ini Surga tersembunyi di pulau madura karena memang sangat bagus tempatnya. Perjalanan ini kami ambil hanya 2 hari di hari sabtu sampai minggu tanggal 27-28 september 2014 karena juga seninnya harus kembali lagi bekerja jadi cukuplah 2 hari.  :)

Pulau tropis yang mungil ini  terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selain Lombok, sesungguhnya Sumenep juga punya empat gili. Yaitu Gili Iyang, Gili Genting, Gili Raja, dan Gili Labak tapi kali ini saya akan share mengenai Pulau Gili Labak.


Luas Gili Labak tak lebih dari 5 hektare. Pulau tersebut dikelilingi hamparan pantai pasir putih yang bersih dan cantik. Saat berjalan di pesisirnya, sesekali kamu bisa berjumpa batang pohon yang memutih setelah terpapar air laut. Batang yang memutih itu menarik juga untuk properti foto2an, untuk bisa mengitari pulau hanya di butuhkan waktu 20 menit tapi pastinya kalau kamu yang mengitari pastinya akan lebih dari 20 menit karena pastinya akan banyak berhenti untuk berfoto atau sekedar menikmati hamparan pantai di setiap sudut.

Gili Labak ini di huni oleh 33 kepala keluarga yang rata-rata menggantungkan hidup dari hasil laut. Pada sisi yang lain, pesisir Gili Labak dihiasi perahu nelayan cantik, dan pastinya orang sana ramah-ramah gan, untuk bisa bersosialisasi dengan orang sana sebaiknya mengajak teman yang bisa berbahasa madura supaya komunikasi lancar, tapi ada juga yang lancar menggunakan bahasa indonesia jadi jangan takut untuk berkomunikasinya.

Gili Labak bisa dijangkau dengan kapal dari Pulau Madura, saya berangkat dari surabaya pukul 19.30 dengan menyewa mobil elf dengan massa 19 orang jadi ya kebayang kan bagaimana 1 elf di isi 19 orang plus barang bawaan. Kamu bisa menyeberang ke pulau garam tersebut via Pelabuhan Kamal atau Jembatan Suramadu tetapi untuk lebih cepat bisa langsung melewati jembatan suramadu. Selanjutnya, pergilah ke kabupaten paling timur di Pulau Madura, yakni Kabupaten Sumenep perjalanan sampai ke sumenep sekitar 4 jam tergantung laju mobil, kemarin sampai sumenep pukul 23.30 dan langsung ke rumah teman yang ada disana, tetapi jika ingin naik angkutan tersedia juga bus yang melayani rute Surabaya-Sumenep, jadi kamu bisa turun di terminal dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kalianget dengan ojek atau kendaraan umum, kemarin kami menginap di sumenep tepatnya di rumah teman yang masih berjarak 30 menit dari pelabuhan kalianget, paginya kami berangkat ke pelabuhan kalianget, sambil menunggu kapal akhirnya kami mulai nyebrang pukul 07.30 dan sampai pulau gili pukul 09.45. Satu hal yang bisa saya ungkapkan setelah sampai sana " SANGAAT LUAR BIASA.. "

Lantaran Gili Labak tergolong pulau kecil, tidak ada kapal yang reguler ke sana. Satu-satunya cara berkunjung ke pulau tersebut ialah menyewa perahu nelayan. Harganya kemarin itu dapat sekitar Rp 600 ribu pulang-pergi, tetapi tidak ada tarif resmi jadi tergantung hasil tawar-menawar. Perahu sanggup memuat 15 penumpang, jadi bisa share cost kalau kamu ngajak banyak teman lumayan khan budget bisa lebih murah.

Kalau tidak mau terlalu lama di laut, sebenarnya ada alternatif lain yaitu bisa menyeberang ke Pulau Poteran dulu sampai ke Desa Kombang yang jaraknya paling dekat dengan Gili Labak tapi kurang tau berapa jam perjalanannya.

Perairan di kawasan ini biru dan indah. Sepanjang perjalanan kamu juga bisa menikmati pemandangan gili lainnya dari kejauhan. Kalau cerah, gugusan gunung di Pulau Jawa terlihat samar-samar.

Daya tarik Gili Labak tidak cuma hamparan pasir putihnya. Di pulau tersebut wisatawan bisa menikmati laut yang jernih sambil snorkeling dan menyelam. Beberapa kawasan terumbu karang ada yang kurang cantik, tetapi banyak bagian yang menyajikan keindahan taman laut dan keragaman biotanya.

Saya berharap potensi wisata seperti ini dapat dikembangkan oleh pemerintah, bukan hanya gili labak melainkan pulau2 lainnya di sekitar pulau madura, karena sebenarnya pulau madura menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa.

Semoga ini bisa menjadi referensi liburan kalian, dan yang perlu di ingat sebagai pengunjung sebaiknya kita selalu menjaga kebersihan selama disana agar tidak banyak sampah yang tertinggal, dan tetap menjadi pulau yang istimewa. Tetap cintai lingkungan kita di manapun kita berada. Selamat berlibur di Surga tersembunyi pulau madura - Pulau Gili Labak.

Next time tunggu artikel lainnya, masih nabung dulu... hehehehe

Tidak lupa buat oleh2nya sekalian numpang narsis... :D

Menginap dulu sambil menunggu pagi

Persiapan di pantai kalianget




three mas kenthir

narsis di kapal


Rombongan satunya

Mulai mendekati pulau

Sangat menakjubkan sambutannya

Pastinya three mas kentir narsis dulu


bebas lepas









berasa punya pulau sendiri








mulai wes..



Iconnya traveler :D

lagi apa tu..





Sejauh mata memandang, MENAKJUBKAN...!!




Narsis pake ban pinjeman




Akhirnya harus kembali lagi..


Meninggalkan kenangan yang sangat indah



Disambut sunset pulau madura saat perjalanan pulang




Magelang group

Gembel Elite Traveller

Comments