Pesona Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air terjun Kapas Biru adalah sebuah air terjun tunggal yang terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kecamatan Pronojiwo ini berada di Lumajang. Berbatasan dengan Kecamatan Ampelgading yang masuk Kabupaten Malang.

Jika ditempuh dari Lumajang, lokasinya berada sekitar 300 m setelah Lapangan Pronojiwo. Setelah persimpangan ke kiri, nanti akan ada banner di sebelah kiri jalan bertuliskan Air Terjun Kapas Biru.

Sedangkan jika ditempuh dari Kota Malang, akan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Melalui rute Malang - Turen - Dampit - Ampelgading - Pronojiwo. Setelah melewati kantor polisi Pronojiwo, tidak jauh dari polsek ada jalan tikungan, lalu akan ada banner di sebelah kanan jalan bertuliskan Air Terjun Kapas Biru.

Untuk menuju air terjun ini bisa menggunakan mobil ataupun motor. Tenang saja, karena di sana sudah ada parkir untuk kendaraan yang disediakan oleh warga sekitar. Untuk parkir cukup membayar Rp 5.000 rupiah saja.

Dari tempat parkir ini kita harus jalan kaki kurang lebih 1 km dengan kondisi jalan yang lumayan ekstrim. Tapi warga sekitar sudah membuatkan jala dengan menggunakan beton walaupun hanya di beberapa titik tapi menurut saya cukup aman.




Saat hujan turun kita harus ekstra hati-hati karena jalannya menurun dan licin. Dan disarankan untuk memakai sepatu atau sandal gunung supaya tidak licin.

Untuk biaya masuk sekitar Rp 5.000 per kepala. Mungkin nantinya dana ini akan digunakan untuk membangun jalan menuju air terjunnya agar bisa lebih nyaman.

Setelah membayar kita akan disuguhi tebing dengan jalan setapaknya. Lalu akan ada sebuah tangga dari beton yang hanya dapat dilewati secara bergantian apa lagi saat ramai, harus bersabar. Tidak jarang jalanan berlumpur juga harus dilewati.




Maklum saja, memang jalan untuk menuju ke air terjun adalah jalan dari kebun warga sekitar. Lalu Anda akan menyeberang jembatan bambu sebelum akhirnya sampai di Air Terjun Kapas Biru.


Itulah sekilas perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru, tentunya sampai disana kita akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa, dan menurut saya sangat indah dengan debiit airnya yang deras. Setelah selesai berfoto-foto ria dan mengorbankan satu kamera karena tenggelam, saya bersama teman-teman bedhes alas surabaya kembali ke atas untuk melanjutkan perjalanan berikutnya di Coban Sewu melalui jalur lumajang yang sebelumnya saya pernah kesana hanya saja melalui jalur malang dengan melewati tangga bambu di sepanjang perjalanan.




Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat bersantai ria di air terjun kapas biru.. :D











Perjalanan menuju air terjun kapas biru lumajang


Comments