Pantai Drini dan Pantai Watu Kodok

Pantai Drini berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai ini satu kompleks dengan jajaran pantai pantai yang terkenal dengan Baron Kukup Krakal. Pantai – pantai lain selain itu ada pantai Siung, Pantai Indrayani, pantai Sundak dll.

Sebenarnya pantai ini merupakan pelabuhan kapal-kapal para nelayan sekaligus terdapat juga pasar ikan namun pasar ikan yang terdapat disini masih kecil. Hanya beberapa kapal ikan nelayan kecil yang digunakan.

Pantai Drini merupakan nama sebuah pantai yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km ke arah timur dari Pantai Sepanjang, Gunung Kidul. Untuk menuju ke pantai ini dari pusat kota Yogyakarta, kurang lebih akan memakan waktu 3 jam dengan jarak sekitar 40 km, apabila menggunakan sepeda motor. Perjalanan cukup lama karena untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus melewati medan yang berkelok-kelok. Namun, di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi berbagai macam pemandangan perbukitan karang yang indah.

Keistimewaan Pantai Drini yaitu di pantai ini terdapat pulau karang yang ditumbuhi pohon drini dan konon kayunya dapat dipergunakan sebagai penangkal ular berbisa. Di atas pulau karang ini terdapat sebuah mercusuar yang bisa didaki dengan menyusuri jalan setapak yang disediakan. Melalui mercusuar tersebut, kita bisa memandang dari menaranya berupa pemandangan menakjubkan di sekeliling Pantai Drini, termasuk pantai-pantai di sekitarnya yang belum terjamah.

Pemandangan Pantai Drini dapat dikatakan memiliki tekstur yang indah, asri, dan sangat perawan. Pantai ini tidak memiliki ombak yang besar karena terhalang oleh karang. Airnya yang jernih dan dangkal di bagian timurnya membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas rumput-rumput laut yang tumbuh di antara karang-karang laut, dan berbagai biota laut lainnya.


Pintu masuk utama ke pantai drini, di sana banyak juga disewakan ban bagi yang ingin berenang dengan santai.




Selain menikmati pantai drini, kita pun dapat menikmati pantai watu kodok yang berada persis di sebelahnya. Selain itu kita pun dapat menikmati pemandangan kedua pantai tersebut dari atas batu karang yang sekarang sudah di bangun gasebo-gasebo kecil untuk beristirahat.


Tangga untuk naik ke watu kodok dan akses jalan setapak menuju pantai watu kodok dengan membayar Rp. 2000


Suasana pantai watu kodok yang masih terlihat tenang


Pada ujung karang sebenarnya terdapat tangga, tetapi terlalu berbahaya untuk kesana karena tangga bambunya yang sudah mulai rusak sedangkan di bawah terdapat celah karang yang cukup tajam.




Pantai Drini relatif lebih ramai pengunjung dibandingkan Pantai Watu Kodok karena memang lebih terkenal. Di pantai ini juga banyak nelayan dan kapal-kapalnya yang parkir di pantai. Bagi pengunjung yang lapar, bisa mengunjungi warung-warung yang ada di Pantai Drini yang menyediakan menu sea food yang lezat dan bergizi.

Comments