Rute Menuju Kawasan Wisata Gunung Kidul, Keliling 9 wisata gunung kidul dalam 2 hari.

Liburan imlek, wah kesempatan nih buat liburan dan bersenang-senang. :D Kebetulan liburan di mulai dari hari rabu sebelum hari raya imlek jadi bisa menikmati libur 2 hari. Klo bagi seorang pekerja libur 2 hari itu sudah cukup wah.. Apa lagi klo bisa libur berbulan-bulan tambah sip itu klo yg jd bos nenekmu... wkwkwkwk

Sebelum libur datang rencana kali ini pengennya ke daerah gunung kidul kalau dari jogja sekitar 2 jam'an, katanya bagus tempat2nya.. Dari situlah saya mulai tertarik untuk berlibur disana..

Mulailah satu minggu sebelum liburan saya persiapkan dulu, perkiraan budget, rencana-rencana, dan jalur mana saja yang harus di lalui. Untuk melihat kondisi tempat2nya saya mulai browsing dari internet, dan pastinya menggunakan bantuan google earth untuk melihat jalur2nya dan letak tempat wisatanya.

Pertama saya membuat jalur perkiraan tempat2 mana yang harus dikunjungi.

Setelah membuat perkiraan jalur2nya selanjutnya membuat rencana  jadwal dan jam yang harus di kunjungi.

Start  Solo : 09.00
11.30-12.30 Pantai Timang
13.00 – 14.00 Pantai Jogan
15.00 Kembali – 19.30 Sampai di Solo

Karena waktu hanya 2 hari dan itu pun harus di batasi waktu. Setelah semuanya di rencanakan kebetulan juga tidak perlu menyewa sepeda motor karena itungannya sudah dapat pinjaman di wonosari jadi tidak perlu jauh2 mengendarai sepeda motor.

Tiba waktunya besok sudah libur, saya pun berangkat dari surabaya pukul 23.00 menuju ke terminal solo karena menunggu seseorang disana. Berangkat dari terminal solo ke wonosari 08.30 yang ternyata maju setengah jam dari jadwal, ternyata setelah perjalanan dari solo terus oper bis jurusan wonosari di bypass jogja-wonosari, sesampainya di wonosari pukul 13.15 menempuh perjalanan 5 jam. Dari wonosari saya pun mengambil sepeda motor dan melanjutkan perjalanan. Rencana pertama berubah yaitu mampir dulu ke Gua Maria Tritis paling tidak berdoa dulu sebelum melanjutkan perjalanan.. :D

Gua Maria Tritis

Setelah dari Gua Maria Tritis sekitar pukul 14.00 saya melanjutkan perjalanan ke pantai ngobaran karena jaraknya sekitar 14 km perjalanan di tempuh sekitar 45 menit, Sampai di pantai ngobaran saya disuguhkan pemandangan yang luar biasa, pastinya disana pertama adalah foto-foto menghabiskan memori..

Pemandangan dari atas pantai ngobaran
Sekitar pukul 16.00 saya melanjutkan perjalanan menuju pantai baron karena sayang kalau di lewati.. pemandangan pun tidak kalah menarik meskipun tidak terlalu luas tetapi pengunjungnya lumayan banyak.

Pantai Baron
Setelah puas berfoto2 di pantai baron, perjalanan pun di lanjutkan ke pantai kukup, ternyata setelah berada di sekitar pantai, pantai ini bukanlah tujuan sesuai dengan jadwal. Di pantai kukup ini tetap saya sempatkan untuk sekedar berfoto-foto dan melihat pemandangan di sekitaran pantai.

Di Sekitar pantai Kukup

Karena matahari sudah mau terbenam,  rencananya selanjutnya adalah menikmati sunset di pantai sundak, dan ternyata kali ini pas sesuai dengan yang ada pada jadwal. Disini pun saya menikmati pemandangan yang luar biasa suasana matahari terbenam di sore hari sembari melihat di sekeliling suasana yang indah.

Menunggu sang surya tenggelam di balik bukit.

Karena suasana sudah mulai gelap, saya pun memutuskan untuk tidak menginap di pantai sundak karena suasana yang mulai sepi saya pun menuju ke pantai krakal untuk mencoba mencari penginapan disana sekalian pagi harinya bisa langsung melihat sunrise di pantai krakal. Pukul 06.00 saya melihat keluar dan ternyata pagi itu hujan mengguyur kawasan gunung kidul jadi matahari masih tertutup mendung dan di pastikan gagal untuk melihat sunrise, tetapi pemandangan pagi hari disana sangat indah hingga pukul 07.30 saya pun mulai berkemas untuk melanjutkan perjalanan.

Pemandangan karang berlumut di pantai krakal sebelum air laut pasang.

Perjalanan selanjutnya menuju pantai drini yang kurang lebih 4 km dari pantai krakal di sana lumayan lama karena bertemu dengan seorang teman lama. Disana pengunjung bisa menyebrang ke pulau drini dengan menggunakan tali tetapi pastinya harus basah kuyup ataupun bisa naik ke pulau kodok yang di seberangnya juga terdapat pantai kodok.
Pulau drini yang terlihat dari kejauhan.
Setelah puas menikmati pantai drini, sekitar pukul 09.00 saya melanjutkan perjalanan ke pantai timang yang perjalanannya cukup jauh sekitar 18 km, perjalanan pertama jalan cukup mulus hingga masuk ke jalur arah pantai pertama masih beraspal, setelah masuk lebih dalam, perjalanan lumayan sulit dan menguras tenaga karena hanya jalanan berbatu dan lumayan licin saat turun karena habis hujan.

Gondola penyeberangan tradisional.

Perjalanan sulit tersebut setimpa dengan pemandangan yang disuguhkan di pantainya, disana terdapat sebuah katrol atau yang biasa di sebut gondola dan pantainya pun sepi terasa seperti pantai pribadi. Karena waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 saya mulai bergegas kembali menuju ke perjalanan terakhir yaitu pantai jogan.

Perjalanan tersulit adalah jalur menuju pantai timang yang sekitar 3 km adalah jalan berbatu yang terjal. Setengah jam perjalanan akhirnya saya sampai di kawasan wisata pantai jogan, siung, dsb. tetapi saya hanya menuju ke pantai jogan sesuai dengan rencana, karena pemandangannya bagus, pantainya juga unik karena terdapat air terjun dari sungai yang berada di atasnya.

Air Terjun Pantai Jogan
Puas menikmati pemandangan disana, sekitar pukul 12.00 saya melanjutkan perjalanan untuk kembali ke wonosari karena melihat perjalan dari wonosari ke solo sekitar 5 jam saat berangkat td jd waktu yang sebelumnya sampai pukul 15.00 dari wonosari harus di majukan menjadi pukul 13.00 di sana saya berpisah dengan teman yang tadinya bertemu di pantai drigi karena masih ingin menikmati pemandangan di pantai siung jadi saya memutuskan untuk kembali. Sesampainya di wonosari sekitar pukul 13.00 dan saya pun mengembalikan sepeda motor. sekitar pukul 14.00 saya pun melanjutkan perjalanan pulang menuju ke terminal solo, sesampainya di terminal solo waktu menunjukkan pukul 19.00. Dan pukul 19.00 saya kembali menuju ke surabaya dengan menumpang bis ekonomi hingga sampai di surabaya pukul 02.00 dan pagi harinya kembali melakukan aktifitas bekerja.

Gimana sudah ada gambaran untuk berwisata di gunung kidul??? Keren lho kalau mau di kunjungi semua mungkin harus perlu waktu sekitar 1 minggu.. hehehehe

Yuk mampir di ulasan-ulasan di bawah ini.