Cara Berbagi File Dengan Mudah Sesama Local Area Network Menggunakan File Acceleration Protocol

Berawal dari iseng-iseng mencari cara bagaimana caranya untuk berbagi file antar komputer dengan mudah melalui sebuah jaringan lokal dengan modal nol dan ga tau caranya jika harus membuat sebuah server kecil atau apalah, dalam benak saya apakah ada sebuah sofware yang bisa langsung dengan mudah di instal di komputer lalu bisa langsung diakses melalui komputer lain tanpa harus setting-setting dengan ribet, artinya membuat server kecil-kecilan tanpa harus ribet, karena yang saya tau info dari teman-teman harus memakai mikrotik atau apalah.

Setelah coba-coba cari keyword di google dengan kata-kata apa yang ada dalam benak saya, mata saya tertuju pada sebuah gambar folder warna kuning, dengan nama file acceleration protocol, awalnya gak ngerti apa maksudnya setelah saya lihat-lihat menu-menunya sepertinya mudah untuk di gunakan.

Saya pun mencoba mendownload dan bereksperimen menggunakan laptop sendiri dan laptop teman, laptop sendiri saya coba saya gunakan sebagai servernya, dengan jaringan wifi yang sama. saya coba buka alamat ip yang disediakan di laptop teman ternyata masih belum bisa, lalu saya coba instal aplikasinya di laptop teman, dan ternyata muncul daftar list secara otomatis yang sudah tersambung, dari situ saya mulai coba-coba menu-menu yang ada dan ternyata berhasil, walaupun hanya sederhana saja tetapi bisa jika di gunakan untuk berbagi file atau membagikan file yang ada di laptop biar bisa di download oleh beberapa laptop lain yang masih satu jaringan anggaplah sebagai server mini tanpa harus ribet.. :D maklum amatiran.. wkwkwkwk

Satu lagi kelebihan yang saya lihat dalam software ini adalah kita bisa saling chat antar komputer atau chat langsung dengan orang yang terhubung dengan jaringan tersebut, dengan syarat komputer lain harus sudah terinstal aplikasi ini.

Tampilan awal
Data yang di share dari server

Bisa di akses langsung menggunakan browser
Menu setting yang mudah


Semoga bermanfaat silahkan berikan komentar anda dan bantu share menggunakan tombol di bawah ini sebagai kontribusi kecil anda. TERIMA KASIH

Comments