Gua Maria Mandam - Kalimantan Selatan

Gua Maria Manikam Damai atau disebut juga dengan Gua Maria Mandam, secara geografis terletak di Hambawang Hijau Rt. 04 Desa Cantung Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru Propinsi Kalimantan Selatan.

Dan Secara Hirarki Parokial terletak di Stasi Mandam Paroki Santo Vincentius a Paulo Batulicin Keuskupan Banjarmasin. Jarak dari Paroki sekitar 100 Km dapat di tempuh dengan jalan darat aspal sampai lokasi kurang lebih selama 3 jam. Gua Maria Mandam Terbuat dari Batu Kapur Asli akibat sedimentasi dan suasana di tempat ini pun terasa sangat sejuk tidak  heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat ziarah umat katolik di kalimantan selatan terutama dari banjarmasin.

Goa Alami

Keunikan dari Gua Maria ini adalah menggunakan gua yang asli tercipta oleh alam dan terdapat gua yang cukup dalam di belakang patung Bunda Maria sekitar 50an meter masuk kedalam bukit kapur.
Berdoa di tempat ini membuat diri kita merasa tenang dengan suasana alamnya yang masih hijau dan suara-suara burung dan hewan-hewan lainnya bersaut-sautan.

Jalan Salib dari gereja ke Gua Maria

Jika ingin jalan salib terdapat pula jalur untuk melakukan jalan salib dari gereja menuju ke Gua Maria ini bisa di tempuh kurang lebih 1 km melewati rindangnya pohon-pohon di kanan kiri.

Jalan masuk menuju Gua

Pendopo di depan Gua Maria

Tampak samping

Di resmikan tahun 1987

tampak depan

paung kecil di samping

dikelilingi bebatuan alam

Numpang foto

suasana sejuk  pagi hari

Salah satu perhentian jalan salib

terdapat gua-gua kecil di sekitar Gua Maria

Video perjalanan menuju Gua Maria Mandam


Comments

  1. pengen juga ke goa Maria Mandam...saya belum pernah padahal saya asli orang Kalsel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesana mas sekali-kali, suasananya tenang klo kesana..

      Delete
    2. kalo dari batulicin arahnya kemana ya

      Delete
    3. Dari batulicin ke arah cantung, setelah jembatan cantung ada belokan ke kiri dg petunjuk kecil di pinggir jalan masuk ke dalam sekitar 1 jam..

      Delete
    4. Maaf, minta info Goa Maria yang di Banjarmasin ada di mana saja yaa ??
      Tolong di Info yaa

      Delete
  2. Apakah boleh dikunjungi untuk orang umum atau wisatawan umum.atau yg bukan agama bersangkutan mohon info nya karna tempatnya bagus

    ReplyDelete

Post a Comment