Danau iloloy

http://orlanfm.blogspot.co.id
Danau iloloy adalah salah satu danau yang dimiliki desa mokobang yang berlokasi jauh di dalam hutan yang ada di desa mokobang. DAnau ini sangat indah dengan dikelilingi hutan hijau dan gunung serta beberapa pondok (sabuah) dari nelayan yang berasal dari beberapa desa antara lain desa Temboan dan tentunya nelayan asal desa mokobang. Danau iloloy menjadi salah satu kebanggaan masyarakat desa mokobang, khususnya bagi nelayan dan keluarganya karena danau ini merupakan tempat pencaharian nafkah utama bagi mereka.

Pesona danau iloloy sangat kuat. Airnya yang jernih dengan kekayaan akan beberapa jenis ikan seperti ikan mujair, ikan mas, ikan kabos, dan beberapa jenis ikan lainnya serta diperindah dengan rumput ilalang dan teratai serta berbagai jenis burung yang ada membuat danau iloloy sangat terkenal di daerah Minahasa bagian selatan khusunya di wilayah kecamatan Modoinding, Tompaso Baru dan sekitarnya.



Sangat disayangkan, keindahan danau yang diberikan oleh sang pencipta ini dirusak oleh ketamakan dan keegoisan sekelompok manusia yang tidak peduli terhadap alam. Bagi mereka kepentingan pribadi/kelompok dan bahkan untuk meraup keuntungan lebih penting dari pada mensyukuri dan menjaga alam yang dititipkan sang pencipta. Dengan alasan untuk pembangunan yang lebih baik para perusak lingkungan ini seakan bermegah dengan perbuatan mereka.

Kejadiannya memang sudah terjadi beberapa tahun lalu, tapi dampaknya masih dirasakan sampai sekarang. Danau iloloy yang dulunya indah dengan airnya yang jernih kini tampak seperti danau kopi susu. yang dulunya memiliki ikan yang berlimpah sekarang sangat sulit untuk mendapatkannya. yang dulunya sangat luas sekarang hampir setengah wilayahnya tertimbun tanah. [ sumber cerita di ambil dari blog http://orlanfm.blogspot.co.id/ ]


Comments