Wisata Alam Permandian Air Terjun Kumapo Dahu


http://garda-sultra.blogspot.co.id/
Permandian Air terjun kumapo dahu merupakan lokasi wisata alam alternatif yang berada sekitar 15 km dari pusat Kota Unaaha Ibu Kota Kab. Konawe, untuk masuk ke lokasi tersebut dari arah Kolaka, Unaaha maupun dari arah Kota Kendari kita akan berhenti di depan Perpustakaan Daerah Kab. Konawe, kemudian masuk di jalan yang berada di samping Perpustakaan Daerah Menuju Kantor Camat Anggaberi.
        Dari Perpustakaan Daerah Ke Kantor Camat Anggaberi jarak tempunya sekitar 10 km dan dari kantor Camat Anggaberi (Di Kel. Andabia) ke lokasi Permandian tersebut sekitar 5 km, dalam perjalanan menuju lokasi Permandian dari Perpustakaan Daerah kita akan melintasi beberapa Kelurahan dan Desa dalam Wilayah Kecamatan Anggaberi diantaranya Kel. Parauna, Kel. Unaasi, Kel. Lawulo, Desa Persiapan Wunduongohi dan Kel. Andabia.
       Permandian Air Terjun Kumapo Dahu di temukan oleh warga Kel. Andabia (Restelmen) sekitar tahun 1995 yang kemudian di bersihkan Pemuda-Pemudi se Kec. Anggaberi dan di manfaatkan sebagai lokasi wisata. Kemudian sekitar tahun 2007 Wisata Alam ini mendapat perhatian dari Pemda Konawe melalui pembangunan akses jalan sampai ke lokasi Permandian, Pembangunan Bak (Sistem DAM) untuk memperluas areal genangan air terjun, Pembangunan Pintu Gerbang, Pembuatan Lantai (Pengecoran) titik areal  Air Jatuh.

http://garda-sultra.blogspot.co.id/

       Selama  kurung waktu 5 tahun setelah pembangunan wisata alam tersebut pengunjung cukup ramai dan padat terutama di saat hari-hari libur besar, namun sekitar tahun 2001 pemgunjung mulai berkurang secara drastis karena kurang terawatnya fasilitas wisata tersebut dan akhirnya terbengkalai.
        Pada pertengahan tahun 2011 beberapa pemuda dari Kel. Lawulo yang di dukung oleh para Aktivis LSM GARDA Sultra berinisiatif untuk merawat dan membersihkan Permandian Air Terjun Kumapo Dahu dan alhamdulillah saat ini mulai di manfaatkan lagi, beberapa pengunjung dari sekitar Kota Unaaha mulai berdatangan. Permandian ini dapat di jangkau dengan Kendaraan bermotor roda empat dan roda dua

Suguhan Keindahan Air Terjun Kumapo Dahu

    Segarnya udara akan kita rasakan ketika memasuki pintu gerbang permandian dengan suasana alam yang masih terjaga, gemercik air terjun akan terdengar dari ujung jalan yang jaraknya sekitar 50 meter dari titik air terjun, segarnya air dari terjunan air yang terjal akan kita rasakan ketika berada di bawah guyuran air terjun.
      Ketinggian tebing terjunan air sekitar 19 meter, suasana alam yang begitu damai dan sejuk mampu menghilangkan kepenatan aktivitas keseharian kita, alangkah ruginya kita semua kalau kita tidak mencoba berkunjung di wisata alam kumapo dahu ini. [ sumber berita http://garda-sultra.blogspot.co.id/ ]

Comments