Pulau Dutungan

barru.org
Pulau Dutungan merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Barru, dan sebenarnya Pulau Dutungan ini termasuk pulau yang ada di perbatasan antara Kabupaten Barru dan Kabupaten Pare-Pare. Pulau Dutungan merupakan pulau kecil berpasir putih yang sangat indah. Jika anda ingin merasakan nikmatnya pulau pasir putih yang santai di Kab.Barru mungkin datang ke Pulau Dutungan adalah Jawabannya. Letak tepatnya Pulau Dutungan ialah di Palanro, Kec.Mallusetasi, Kab.Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ketika anda ke Pulau Dutungan anda mungkin akan mendengar dari masyarakat sekitar tentang Pulau ini, mereka mengatakan bahwa pulau dutungan merupakan pulau yang sangat angker dan keras, karena konon katanya Pulau ini dihuni banyak makhluk halus. Akan tetapi jika niat anda datang kesana murni untuk berwisata dan niat baik,Insya Allah akan aman-aman saja dan tidak ada gangguang.

Jarak dan Waktu Tempuh

Jarak dari kota Makassar 132 km dengan waktu tempuh 3,5 jam
Jarak dati kota Barru 31 km kearah selatan 20 km kearah utara kota Pare-pare
Jarak antra tanjung indah (Dartan utama) dengan ujung selatan pulau 500 m dengan jarak tempuh 10 menit menggunakan perahu.


wisatasulsel-info.blogspot.com


Transportasi

Makassar ke Barru banyak alternative angkutan yang dapt digunakan seperti bis AC, truk TNI, Bis Eonomi,dll
Penyeberangan kepulau Dutungan: terdapat 3 buah perahu dengan kapasitas masing-masing 20 orang ,8 orang x 5 orang dengan kekuatan sekitar 65 pk.seluruhnya adalah transpotasi milik menejemen resort . Disamping itu masih ada beberapa perahu milik penduduk sekitarnya yang dapt digunakan juga (saat cuaca buruk, prahu-perahu tersebut dapat keluar masuk pulau).

Kondisi Keadaan Medan dan kedaan Topografi

Kondisi topografi, Secara umum kondisi topografi pulau Dutungan adalah datar dan berbukit dimilai dari kemiringan 0 hingga 30.
Daerah datar merupakan kawasan kebun dan ilalang ,sedang daerah bukit merupakan kawasan hutan yg cukup besar.
Daerah kawasan pantai terbagi kepada dua yaitu kawasan pasir putih dan kawasan hutan bakau.
Daerah berbukit adalah darah kawasan hutan jati.


Comments